EVOLANDER SHD - Bodi terbaru dari Karoseri New Armada

EVOLANDER SHD - Bodi terbaru dari Karoseri New Armada

New Armada merupakan salah satu karoseri ternama di Indonesia. Berlokasi di Magelang karoseri ini selalu memberikan inovasi-inovasi pada produknya. Saat ini dunia perbisan Indonesia sudah sangat maju mulai dari kecanggihan mesin, pelayanan dan dari segi body bus yang menjadi sorotan utama. Dewasa ini body bus sudah sangat beragam bentuknya, akhir-akhir ini yang sedang menjadi tren adalah body SHD atau body dengan tinggi lebih daripada tinggi bus pada umumnya, ciri khas dari body ini adalah kaca depan yang "tumpuk" atau biasa disebut double glass.

New Armada sendiri tidak ketinggalan dengan body model seperti itu, perwakilan dari BisMania Community berkesempatan menghadiri acara launching body terbaru dari karoseri New Armada yang diberi Nama Evolander SHD yang bekerja sama dengan PO Borlindo serta pihak Scania.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 29 Agustus 2017 bertempat di kantor pusat New Armada, acara ini dihadiri juga oleh owner PO. Borlindo, pimpinan PT. UT Scania, customer perusahaan otobus dan perwakilan BisMania Community. Rangkaian acara diawali dengan sambutan oleh Bapak Sommy Lumadjeng selaku Direktur Sales dan Marketing, Mr. Claes Nyqvist selaku Principal Scania Swedia, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bp. Royi Sumule selaku owner PO. Borlindo. Setelah sambutan selesai dilanjutkan prosesi pemotongan pita yang dilakukan oleh Bapak Sommy Lumadjeng, kemudian disambung dengan penyerahan kunci simbolis. Usai acara prosesi dilanjutkan dengan running test diikuti oleh semua tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

Ketika sesi running test bus yang ditopang oleh mesin Scania K410 Opticruise Transmision ini dipacu dengan cepat, namun bus tetap stabil dengan suspensi udara yang empuk menambah kenyamanan di bus ini. Melewati jalanan bergelombangpun bus ini sama sekali tidak "gemlodak" dan tetap nyaman serta dari dalam bus kekedapannya sudah lumayan baik, ketika bus mulai di uji coba dengan berjalan zigzag ternyata bus ini tidak terlalu terasa limbung, hal ini merupakan catatan bagus buat body bus yang bongsor berlabel SHD seperti evolander ini.

Rute running test saat itu adalah dari kantor New Armada menuju Kecamatan Muntilan dilanjutkan ke arah Sawitan dan diakhiri di rumah makan Mia Sari untuk makan siang dan foto bersama. Setelah sesi makan para tamu dipersilahkan untuk mengamati bus lebih teliti serta foto-foto, penulispun tidak melewatkan sesi ini.

Ketika pertama melihat bus ini kesan pertama yang dilihat adalah bus ini terlihat gagah, manis serta tampil beda dengan yang lain apalagi dipadukan dengan warna livery yang ciamik menambah kesan elegan di bus ini, dan ketika masuk kedalaman bus terlihat dashboard utama yang terlihat modern serta interior yang sangat mewah, dipadukan dengan ornamen kayu serta beberapa penempatan lampu yang pas sehingga interior evolander ini terlihat menawan, penggunaan seat Aldilla yang tebal juga serasa menambah kenyamanan penumpang. Namun sayang blower ac yang dipake karoseri adalah model lawas, ketika dicoba ternyata sedikit sulit untuk mengatur arah keluar ac, menutup atau membuka ac, beberapa tempat juga ada yg finishingnya kurang rapi mungkin karena dikejar waktu walau tersembunyi dari pandangan mata namun kerapian ini sangatlah penting. Ketika penulis berpindah ke bagian depan, pandangan penumpang sangatlah luas walaupun terhalang "topi" masih tetap terlihat luas, namun setelah di amati di kaca bagian atas ternyata tidak terdapat wiper, walaupun ini sepele tapi ketika hujan atau tertutup embun pandangan penumpang yang ingin melihat jalanan akan terganggu, tapi overall bagi penumpang sudah sangat baik terlebih masalah pandangannya.

Ketika penulis mencoba melihat dari sisi driver ternyata pandangannya sempit, terlebih adanya tambahan potongan kaca film yang gelap walaupun itu untuk membantu driver mengurangi silau ketika terkena sinar matahari tapi hal tersebut tetap menambah pandangan driver jadi lebih sempit, lebih baik jika level kaca film tidak terlalu gelap agar masih tetap nyaman, namun untuk penempatan spion sudah pas. Setelah mengamati bus, acara selanjutnya adalah sesi foto, dilanjutkan pulang ke New Armada, dan selesailah acara hari itu.

Semua ini adalah opini dari penulis, penulis mohon maaf jika terdapat kata-kata yang salah dan menyinggung pihak manapun,
Penulis menulis ulasan ini bukan untuk menjatuhkan suatu pihak, namun untuk evaluasi terutama untuk pihak karoseri agar bisa memberikan yang terbaik di dunia perbisan Indonesia.

Penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak New Armada yang telah mengundang kami BisMania Community. Semoga dunia perbisan Indonesia semakin maju

Salam Hormat,
#BismaniaCommunity

EVOLANDER SHD - Bodi terbaru dari Karoseri New Armada
EVOLANDER SHD - Bodi terbaru dari Karoseri New Armada

Kegiatan HARI INI