Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

DSC05276Kebumen  ( Sabtu 18/04) Meneruskan usaha keluarga warisan sang kakek, yakni usaha kursus setir mobil dan montir. Sang kakek, (Alm) Teuku Muhammad adalah guru sekolah teknik Belanda yang juga membuka kursus mengemudi dan montir yang diberi nama “Efficiëntie” yang cukup kondang di Kebumen saat itu. Akhirnya pak Eri Memulai usaha bus dengan merintis usaha bus tahun 1996  dengan menggunakan bis micro (bis ¾) dan hanya menggarap segmen pariwisata, Efisiensi mencoba memanfaatkan peluang bus pariwisata yang saat itu cukup ramai.  Seiring perjalanan waktu, bis-bis pioneer yang berukuran ¾ mulai dijual karena animo masyarakat terhadap bis ¾ kurang bagus. Akhirnya diputuskan bahwa Efisiensi akan fokus di bigbus saja.

Itulah sepenggal cerita yang disampaikan oleh Pak Eri, mengawali cerita seru tentang kiprah PO Efisiensi saat  Bismania Community melalui BMC Jogja berusaha memenuhi undangan dari pak Eri untuk berkunjung ke PO Efisiensi di Rest Area Wonosari – Kebumen. Dengan sapaan hangat dan guyonan segar khas beliau, beliau memenuhi segala pertayaan rekan BMC dan tidak segan membagi ilmu kepada seluruh rekan yang hadir saat itu.

DSC05255Tahun 1998, Effisiensi  pernah mencoba membuka trayek Sumatra yakni jurusan Jogja – Liwa (Bekerjasama dengan HS) dan ke Bengkulu (bekerjasama dengan Bengkulu Indah). Tetapi trayek Sumatra ini tidak bertahan lama karena pertimbangan faktor ekonomi Indonesia yang memburuk pada kisaran tahun itu akibat krisis moneter dan juga sempat pernah menang tender Caltex dalam sewa bis antar jemput Karyawan. Akhirnya bisnis di Sumatera ditutup karena tidak menguntungkan secara ekonomis.

Setelah tahun 2002 Efisiensi mulai memasuki trayek regular dengan membuka patas Jogja – Cilacap. Kemudian Tahun 2008 Juni, dibuka trayek Patas Jogja – Purwokerto.

DSC05279Karena saat ini membidik pasar menengah ke atas ini, Efisiensi berusaha memanjakan penumpang sedemikian rupa.  Selain membangun rest area yang sangat bersih dan nyaman, saat ini Efisiensi telah  memberikan akses kemudahan bagi para penumpangnya dengan memberikan layanan hantar gratis di area tertentu di Yogyakarta, Purwokerto, dan segera menyusul di Cilacap.
Selain hal-hal diatas, BMC juga mendapat pembagian ilmu dan pengetahuan dari pak Eri mulai dari pemilihan Karoseri, tata kelola perusahaan otobis, pemilihan mesin bus dan perhitungan ekonomisnya bahkan sampai hal-hal penunjang lainnya.

Akhirnya acara yang dihadiri oleh 45 member Bismania Community (BMC) Jogjakarta, Jateng , Surabaya, Bandung dan Jakarta, dan dimulai pada pukul 10:00 WIB, berakhir sekitar pukul 15:00 WIB dengan pesan bijaksana dari Pak Eri agar BMC membawa misi untuk memajukan dunia bus Indonesia melalui jalan BMC agar bisa membawa pesan ke masyarakat dan bisa mengedukasi masyarakat untuk lebih kritis dalam memilih bis yang baik dari segi safety dan kenyamanan. (Yudi)


Catatan Perjalanan yang lainnya:



akbar
Ditulis oleh

'Akbar adalah seorang bismaniak dari jogja'

1 Comment

  1. Wonogiri-VIP
    wonogiri-vip /

    sip… maju terus

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;