Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Minggu 18 April 2010 BisMania Community (BMC) diundang oleh management PO. Harapan Jaya untuk datang ke pool mereka di Jl. Caglak – Pasar Rebo. BMC diundang untuk diperkenalkan chassis yang baru saja dibeli oleh PO Harapan Jaya, yakni SCANIA K310IB. Dari pihak Harapan Jaya hadir Pak Kuncoro (Direksi PO Harapan Jaya) dan Pak Toni (Kepala pool Harapan Jaya Jakarta). Sedangkan dari pihak BMC datang 15 orang sesuai dengan jumlah undangan yang ditentukan. Para peserta dari BMC ini dipilih dengan kriteria :
  1. Belum pernah ikut ke UT.
  2. Para aktivis kopdar BMC.

Seperti yang telah direncanakan, member BMC berkumpul di pool Harjay pada pukul 08:00 untuk bersilaturrahmi dengan management dan crew PO Harapan Jaya. Kira2 pukul 09:00, dengan diantar 1 unit Isuzu Elf dan 1 unit Mitsubishi L300 rombongan BMC berangkat menuju workshop SCANIA di PT. United Tractors, karena unit baru K310IB masih berada disana. Rombongan management Harapan Jaya & BMC disambut oleh Pak Andreas, Marketing Manager SCANIA. Rombongan diterima di lobby kantor SCANIA, dilanjut dengan penjelasan tentang SCANIA K310IB.

Menurut Pak Andreas K310IB ini adalah varian SCANIA terbaru di Indonesia. Jumlahnya baru ada 2 unit dan sudah dibeli semua oleh Harapan Jaya. K310IB menggunakan mesin DC9 18, kapasitasnya 8900cc 5 silinder in-line yg dilengkapi dengan turbocharger & intercooler serta EGR (exhaust gas re-circulation). Mesin tersebut menghasilkan daya sebesar 310HP pada 1800rpm dan torsi sebesar 1550nm pada 1100-1450rpm.

Perbedaannya dari sisi spesifikasi teknis dengan K380IB nyaris hanya pada mesin saja. K380IB menggunakan mesin D12 17, 11700cc turbocharger intercooler yg menghasilkan tenaga 380HP @ 1800rpm dan torsi 1900nm @ 1100-1350rpm.

Sedangkan feature dan chassis K310IB sama persis dengan K380IB. Sama2 memiliki gross vehicle weight (GVW) 25 ton, menggunakan gearbox GR801 8 speed manual transmission (7 maju + 1 mundur), memakai drum brake pada seluruh rodanya, dan standar emisinya Euro 3. Soal dipilihnya penggunaan drum brake ini didasarkan masukan dari PO2 pengguna SCANIA bahwa untuk kondisi jalan di Indonesia yg padat, dimana driver2 bis harus sering mengerem, penggunaan drum brake dinilai lebih efisien (bukan berarti lebih baik / lebih pakem) dibanding dengan discbrake.

Alternator 2 x 150 A

SCANIA sebetulnya juga punya K270IB dengan mesin DC9 5 silinder. Tapi UT tidak berniat mendatangkan varian tersebut, karena pasarnya akan berbenturan dengan Hino RK8 R260 dan Mercedes-Benz OH-1526. Dengan kandungan lokal SCANIA yg 0%, dipastikan K270IB akan sulit bersaing karena dari sisi harga akan lebih tinggi. Memang chassis SCANIA K-series masuk ke Indonesia secara CBU. Bahkan rodanya-pun menggunakan Michelin buatan Italy.

K310IB ini memakai modular chassis seperti SCANIA K-Series lainnya, yang menggunakan baja U channel yg terdiri dari 4 bagian yakni engine compartement, reax axle, baggage compartement dan front axle. Keempat bagian tersebut disambung dengan baut. Untuk keperluan delivery, modul baggage compartement tidak dipasang sehingga chassis SCANIA K Series terlihat pendek. Sedangkan modul baggage compertement / chassis bagian tengah akan dipasang jika akan dibuatkan body. Chassis bagian tengah ini sebetulnya optional. Bisa beli dari SCANIA, bisa juga disediakan oleh body builder, tentunya dengan standar material yang telah ditentukan oleh SCANIA.

Pengiriman chassis SCANIA ke body builder, sesuai SOP dari SCANIA harus diangkut dengan menggunakan trailer. Tidak dikendarai seperti pengiriman chassis bis pada umumnya. Sekedar informasi, bahwa pembelian chassis SCANIA adalah loco workshop. Tapi UT bersedia membantu mengurus proses delivery sampai ke body builder jika diminta, tentunya dengan tambahan biaya.

Sekalipun sudah mulai dijual, SCANIA K310IB ini belum dilaunching secara resmi. Menurut Pak Andreas launching resminya justru menunggu K310 yg sudah dibeli oleh Harapan Jaya jadi bodynya, lalu nanti dipinjam oleh UT untuk keperluan launching & roadtest resmi.

Untuk after sales service SCANIA, PT United Tractors memberikan layanan yg disebut sebagai “Total Service”. Dengan Total Service ini United Tractors membelikan latihan operasional & maintenance harian kepada pembeli produk SCANIA, perawatan berkala selama masa garansi, jaminan suku cadang yang lengkap dan cepat di cabang2 PT. United Tractors, dan teknisi standby 24 jam yang siap dipanggil sewaktu2 jika ada trouble. Pernyataan ini dibenarkan oleh Pak Kuncoro – Direksi PO Harapan Jaya – bahwa jika terjadi trouble dijalan, maka teknisi SCANIA siap datang jam berapapun mereka dihubungi.


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'BisMania Community Yogyakarta Berhati NyamNyam'

0 Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;