Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Hallo BisMania! Ada yang pernah jalan-jalan ke kota-kota di Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan? Di propinsi ini armada bus-bus antar kota antar provinsi (AKAP) termasuk yang paling berkembang untuk daerah di luar Pulau Jawa, Bali dan Sumatera.

Meski saya belum pernah naik bus-bus tersebut, saya sering mendapat tugas kantor ke Makassar. Sewaktu menempuh perjalanan dari kota Makassar ke kota Pare-Pare, Siwa dan Pulau Selayar, saya sering berpapasan dengan bus-bus AKAP yang menuju atau berangkat dari Terminal Daya, Makassar. Sedangkan, bus-bus AKAP yang menuju kota Selayar, titik pemberangkatannya dilakukan dari Terminal Malengkeri.
Sepengetahuan saya, di Makassar bus yang paling mutakhir modelnya adalah Proteus buatan karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah. Saya belum pernah melihat bus baru yang keluaran karoseri Adi Putro, baik yang model Travego, Setra atau New Travego. Kalau seri Setra keluaran karoseri Rahayu Santosa (RS) di Cibinong, pernah melihat melintas di jalanan. Namun belum pernah menemukan model karoseri RS terbaru,  Evolution.

po sumber mas murni melayani trayek makassar - selayar

Saat perjalanan menuju kota Pare-Pare dan Siwa, sekitar tahun 2006 dan 2007, saya belum tertarik untuk mengabadikan bus-bus yang saya jumpai. Saat itu saya belum menemukan forum, milis, atau komunitas penggemar bus seperti sekarang. Saya menikmati bus-bus yang di depan mata dalam kesendirian.

Pada tanggal Juni dan Juli 2008 lalu saya kembali melakukan perjalanan dari Makassar ke Pulau Selayar, tepatnya ke kota Benteng. Saya sempatkan mengambil beberapa foto bus AKAP di sana.
Di trayek Makassar-Benteng, ada tiga arnada bus eksekutif yang sedang melayani penumpang di trayeknya. Yaitu, PO ANEKA, PO Sumber Mas (Murni) dan PO Sumber Baru. Ada juga bus-bus medium Non AC.

Tarif bus eksekutif rata-rata Rp 90.000, harga ini berlaku setelah kenaikan harga BBM. Bus-bus tadi berangkat dari Makassar pukul 09.00 WITA. Jika tidak ada hambatan, bus akan tiba di Tanjung Bira sekitar pukul 14.00 WITA .
Kemudian, bus menyeberang dengan kapal ferry ke Pulau Selayar sekitar pukul 15.00 WITA. Bus-bus tersebut biasanya sudah datang di terminal penyeberangan jauh lebih awal dari jam keberangkatan kapal ferry. Saat perjalanan saya ke Selayar yang kedua, Juli 2008 lalu, saya tiba di Tanjung Bira pukul 12.00 WITA dan ternyata bus belum datang.

Bus yang datang pertama adalah bus eksekutif PO. Jabal Rahmah, karoseri New Armada dengan mesin Mercedes-Benz. PO. Sumber Mas Murni, karoseri Laksana Proteus kemudian menyusul di belakang. Di kacanya tertulis MB 1521. Benar atau tidak bus ini menggunakan mesin Mercedes-Benz, saya tidak tahu pasti.
Berikut ini beberapa foto hasil tangkapan kamera saya.

Reportase: Rian, dari Makassar
Edited by: Ari Media


Catatan Perjalanan yang lainnya:



akbar
Ditulis oleh

'Akbar adalah seorang bismaniak dari jogja'

1 Comment

  1. vespamania
    vespamania /

    Wow … boljug neh liputannya .. kalau saya pernah ke Tana Toraja dengan Bus … tapi saya lupa deh nama PO nya … waktu itu saya beli lewat agen … kondisi Bus sangat baik dilengkapi oleh toilet dan smoking room …

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;