Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Sidoarjo (20/9)  Setelah melakukan briefing singkat di SPBU dekat PO Sumber Kencono, rombongan Bismania Community yang diwakili Team BMC Jatim dan Jateng, dengan menumpang SK W7216UR, memasuki garasi pool PO Sumber Kencono. Pemandangannya masih tetap sama dengan bulan Juni yang lalu saat pertama kali BMC berkunjung, masih tetap bersih dan rapi, dan sedikit yang membedakan adalah, sekarang makin banyak unit Legacy yang bersliweran keluar masuk garasi Sumber Kencono.

Kami segera turun dan menyalami team manajeman SK yang sudah menunggu, dengan sumringah, Bpk. Tukiman, kali ini didampingi Bpk. Hendricus BP dari personalia Kondektur dan Bpk. Suryadi dan Bpk. Sumari dari urusan kecelakaan dan Bpk. Nyoman, menyapa kami dan mengucapkan selamat datang kembali ke garasi.  Setelah dipersilahkan duduk, dipandu oleh Widiarso Widi dan Harry Budi Wijaya, acara segera dimulai dengan ramah tamah dan halal bihalal.

Pada sesi selanjutnya BMC menyatakan keprihatinan terhadap musibah yang dialami sumber kencono secara beruntun di suasana bulan Ramadhan dan lebaran tahun ini, hal ini mendapat apresiasi positive dari team Manajemen dan menjadi semangat untuk menghadapi audit dan asistensi dari Dinas terkait (Polda , Dinas Perhubungan, dan Elemen kampus) pada 20 September 2010.  Tak lupa kami membahas  rentetan laka tersebut terutama kejadian insiden pembakaran bus di Ngawi dan laka di Trosobo yang memaksa SK harus menghentikan operasi armadanya untuk sesaat.  Dari sumber independent, kronologis laka terseput dipaparkan begitu jelas oleh manajemen.  Seperti kejadian di Ngawi ketika menabrak pengendara sepeda motor yang ternyata belum cukup umur (belum mempunyai SIM) yang tiba-tiba berbelok tanpa melihat situasi disekitarnya, atau juga kejadian di Trosobo dimana ada pengendara pemudik yang oleng  dan terjatuh karena overload muatan, padahal jelas-jelas aturan mudik sepeda motor hanya diijinkan untuk berdua dengan barang secukupnya.

Penyerahan kenang-kenangan ke Owner dan Manajemen PO.Sumber Kencono.

Selanjutnya kami memulai sesi tanya jawab maupun penyampaian usulan untuk perusahaan. Dalam kesempatan ini kami memberikan titipan panduan Defense Safety Riding yang ternyata diapresiasi luar biasa oleh pihak manajemen.  Dari beberapa pertanyaan dan tanggapan manajemen, ternyata dapat kami sampaikan, bahwa sejatinya SK selama ini sudah melakukan tindakan preventif yang luar biasa terhadap adanya laka.  Hal ini terlihat dari beberapa resume sebagai berikut :

  1. Secara regular Sumber Kencono mengirim 2 drivernya ke DLLAJ untuk mengikuti pelatihan mengendarai.
  2. Sumber Kencono, memberikan hadiah aneka barang elektronik bagi driver yang dalam setahun tidak mengalami laka.
  3. Sumber Kencono, selalu rutin melakukan rapat dengan seluruh dan Kru dan tidak lupa selalu mengingatkan Kru nya untuk selalu hati-hati dan waspada di jalanan.
  4. Semua tindakan preventif berupa video operasional kendaraan, banner Keselamatan, publikasi foto laka ditampilkandi garasi dengan tujuan membuat Kru untuk selalu mawas diri.
  5. Tidak hanya melakukan controll pendapatan, Saat ini PO Sumber Kencono juga telah memaksimalkan tugas Controller dengan menambah tugas baru untuk menilai kemampuan operasional awak kru bus, mulai dari kecakapan mengemudi, kesopanan kru, maupun ketaatan terhadap peraturan lalu lintas.
  6. Secara langsung Bpk Setiyaki Sasangko selaku Owner dan Top Management melakukan pendekatan intern kepada kru baik melalui SMS maupun langsung agar para Sopir selalu berhati-hati

Dengar pendapat bersama Owner & Manajemen PO.Sumber Kencono.

Tak dinyana tak disangka, tiba-tiba Bp Setiyaki Sasangko, owner Sumber kencono, tiba-tiba menghampiri kami dan menyapa kami dengan ramah, benar-benar diluar dugaan kami, akhirnya kami bisa bertemu dan berjabat tangan dengan beliau, seorang Bapak dengan tangan dingin yang telah membesarkan Sumber Kencono sampai seperti ini.

“Ada kawan yang hanya pada senang saja dan ada kawan yang tetap setia di kala saya susah…dan kalian datang ketika saya susah…… Terima kasih atas dukungannya selalu untuk kami” sepenggal kata dari Bpk.  Setiaki Sasongko memulai sambutannya kepada kami, dan hal ini membuat kami terpaku.

Dengan suara bergetar, beliau melanjutkan, “ Saya menyadari, tidak semua kru saya baik, sama seperti jemari kita ada yang panjang dan pendek, bahkan sama dengan anak kandung saya, pasti juga ada yang baik dan buruk. Dan saya, sebagai bapak selalu mencoba berjuang keras mendidik mereka yang tidak baik menjadi baik” ujar beliau.

“Namun, apakah harus setiap kejadian melibatkan kami harus dibalas anarkis? Bukankan negeri yang kita sayangi ini negeri hukum? Tanpa melihat sebab sesungguhnya terlebih dahulu, membakar, berseru menutup Sumber Kencono, apakah mereka pernah berfikir nasib 1.000 lebih karyawan saya? Nasib ratusan istri dan ribuan anak-anak mereka yang harus masih harus bersekolah? Pernahkah? …suara beliau tercekat…

Luar Biasa !  Itulah penggalan sambutan Beliau, yang tak lupa juga menyampaikan ucapan bahwa kehadiran BMC kali ini menambah semangat beliau dalam menghadapi masalah ini, menjadikan ini menjadi guru yang baik untuk terus berubah menjadi lebih baik dan mungkin terbaik.

Selanjutnya Bpk. Setiyaki meminta perwakilan BMC untuk melakukan diskusi tertutup dengan beliau, sebuah kesempatan emas untuk menyampaikan masukan, kritik, dan saran kepada beliau, dan ada satu hal yang ternyata sempat membuat kami kaget.

“Beliau ternyata sangat hangat, warming, sangat suka diberikan masukan dan kritikan” ujar Widi yang mewakili pertemuan tersebut.

Dan kembali tak terduga, beliau kembali keluar dari ruang kerja dan kembali menghampiri kami saat kami hendak menyerahkan kenang-kenangan Foto bersama BMC dan T-shirt BMC “ Sumber Kencono, yang akhirnya langsung diterima oleh beliau. Sebuah kesempatan emas akhirnya untuk berfoto bersama beliau.

Foto bersama owner & Manajemen PO.Sumber Kencono

Hingga pada akhirnya, BMC, menyerahkan stiker kepada manajemen, untuk membantu mengembalikan kepercayaan masyarakat akibat pemberitaan tidak seimbang yang ada, sebuah slogan baru untuk Sumber Kencono, AMAN CEPAT NYAMAN, sebuah persembahan BMC untuk Sumber Kencono, dan hal ini kembali membuat Bpk. Tukiman, Bpk. Hendricus, Bpk.  Suryadi, dan Bpk.  Sumari sumringah dengan kejutan kecil dari BMC.

“ wah salut saya dengan semangat kalian” begitu ujar Bpk. Sumari, dan untuk itu kami dipersilahkan untuk menempelkannya di armada yang ada, dan mencicipi suasana kantin Sumber Kencono

“wah jadi kayak Kru” seru Amir di kantin ini pulalah, akhirnya kami membuktikan ucapan Bpk .Tukiman, video tentang operasional di SK tengah diputar untuk panduan dan pengingat para awak kru. Bukti bahwa Sumber Kencono telah berusaha dan kami yakin, Sumber Kencono pasti berubah menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik

(Artikel ditulis oleh Awan)


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'BisMania Community Yogyakarta Berhati NyamNyam'

7 Comments

  1. fathur-rozaq /

    semoga masukan2-nya cepat merealisasi

  2. widi
    widi_comm /

    klo ingat Pak Setyaki memberikan sambutan terasa sangat dalam sekali beliau mengutarakan isi hatinya.

  3. baguzz /

    semoga citra SK kembali normal kembali

    sedikit tambahan aja,menurut saya ngebut itu ga safety (karena pengemudi yg ngebut tidak memperhitungkan semua aspek dalam mengemudi,karena ngebut identik dengan ugal-ugalan) sedangkan cepat pasti safety (karena pengemudi dapat memperhitungkan semua aspek dalam mengemudi dengan cermat n seksama agar semua hal dapat berjalan dengan cepat dan aman)

  4. ojan-puterasetia /

    SK jaman sekarang jadi P.O bus balap .
    Kencang sih boleh asalkan bisa selamat di tujuan .
    butuh driver PRO yang bisa membawa bus kencang tapi safety .

  5. alif luthfi BMC
    alif-luthfi /

    SK skrang jdi PO bis balap larinya kenceng tpi bawanya tetep nyaman

  6. edow /

    SK harus banyak belajar dari pengalaman

    • erwien
      erwien /

      setuju, butuh driver2 pro di kokpit SK slogan aman cepat nyaman sesungguhnya bukan hal mustahil bagi SK karena semua bekal sudah dimiliki. maju terus SK

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;