Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

1
PO. Tunggal Daya Pariwisata MB 1518 XBC

BisMania Community (BMC) korwil Yogyakarta berkesempatan bersilaturahmi dengan PO Tunggal Daya, hari Jumat Kliwon, 13 November 2009. Tiba di garasi sekitar jam tiga sore, para wadyabala BMC Yogya disambut dengan hangat Pak Nono, selaku Marketing Executive PO Tunggal Daya Divisi Pariwisata. Kuranglebih 20 orang BisMania Yogya menyambanginya di perempatan Ring Road Barat, Gamping Sleman.

2

Acara diisi dengan diskusi dan ngobrol seputar keberadaan PO Tunggal Daya di Yogyakarta. Menurut penuturan Pak Nano, awal kehadiran Tunggal Daya di Yogyakarta sekitar tahun 2000-an. Semula merupakan bis reguler yang melayani trayek Yogyakarta – Denpasar. “Setelah peristiwa Bom Bali I dan banting-bantingan tiket pesawat, kondisi penumpang ke Bali mulai sepi”, jelas Pak Nano. Untuk itulah, Tunggal Daya mulai membidik pasar wisata. Maka, mulai tahun 2003-2004 Tunggal Daya beralih menjadi armada pariwisata.

Banyak teman-teman BisMania yang menanyakan kemiripan nama dan livery Tunggal Daya ini dengan Tunggal Daya di Wonogiri. Pak Nano menerangkan, memang masih ada hubungan kekerabatan dengan Tunggal Daya Wonogiri. “Yang di Yogya ini anaknya, tepatnya putri pemilik Tunggal Daya Wonogiri. Menikah dengan Mas Pungky yang asli Sleman. Maka beliau berdua mengibarkan bendera Tunggal Daya di sini”, tegas Pak Nano.

3Untuk saat ini, Tunggal Daya memiliki 14 armada yang terdiri dari MB 1525, MB 1518 XBC dan Scania. Setidaknya ada 2 unit Scania, salah satunya versi matic exs. Colby Persada. Inilah kelebihan Tunggal Daya. Sebagai bis pariwisata ternyata memiliki armada Scania. Semuanya balutan kreasi Morodadi Prima. Sementara itu, ada 4 (unit) sasis lagi yang saat ini sedang digarap Tentrem Karoseri Malang dan kemungkinan kelar dua bulan lagi. Ada satu hal lagi yang menarik dari Tunggal Daya, ditangan Mas Pungky, MB 1518 XBC tampil ngejosss. Hasil utak-atik dan modifikasi yang dilakukan membuat exbisi tapil garang. “Mas Pungky mengubah noozle XBC dengan kepunyaan 1525. Hasilnya, ayo kita rasakan”, kata Pak Nano.

Pak Nano lantas mengajak teman-teman BisMania merasakan kehandalan salah satu XBC. Kami semua city tour berkeliling kota Yogyakarta via ringroad. Sepanjang perjalanan, banyak teman-teman yang merasakan kegarangan dan kemantapan XBC. Betapa ditangan Pak Taufik XBC lincah menjelajah, gesit dan cepat. “Tarikannya benar-benar mantap”, komentar Febri. Diskusi menarik terjadi didalam bis. Kami benar-benar merasa surprise merasakan XBC yang begitu menggoda. “Untuk medan lurus seperti ini, XBC bisa melesat cepat. Begitu juga dengan di tanjakan. Di Nagrek, saya biasa pakau gigi 3 dan 4. Pun di Bedugul, gigi 3 dan 4 terus. Performanya mantap, penggunaan bahan bakar dan oli juga efektif”, jelas Pak Taufik.

“Sampai-sampai pihak Star Motor dan Kalimas heran dengan XBC kami ini. Ya, berkat ramuan Mas Pungky, XBC bisa tampil ngejos. Sampai-sampai bos Shantika tertarik dengan resep Mas Pungky. Dulu punya XBC dijual, setelah tahu XBC ini, mereka mendatangkan lagi XBC”, beber Pak Nano. Oh ya, semua armada Tunggal Daya telah dibekali resep-resep mumpuni, termasuk juga Scania. Sudah mengalami otak-atik jitu. Dan ini tidak mengandalkan feeling, tetapi berdasarkan olah data komputer. Jadi serba computerized. Alat seharga 45 juta ini sengaja didatangkan untuk membuat armada Tunggal Daya tetap terawat dan tampil prima.

4

BMC Jogja bersama Tunggal Daya

Nah, bagi teman-teman yang ingin merasakan kegarangan XBC, bisa menggunakan bis Tunggal Daya. Banyak pilihan seat, mulai 2-2 sampai 2-3 juga ada.

Acara silaturahmi BMC Yogya dengan Tunggal Daya berakhir menjelang pukul tujuh malam. Rintik-rintik hujan mengiringi kepergian kami meninggalkan garasi. Sungguh, pengalaman naik XBC yang mengesankan****

(artikel dan poto oleh Bowo GK)


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'BisMania Community Yogyakarta Berhati NyamNyam'

3 Comments

  1. prayoga
    maha-putra /

    wah, mantab tu alat…

  2. catur yudianto
    catur-yudianto /

    buat ngelen solo-jkt aja tuh XBC, biar ga kalah sama yang lainya.
    kalo cuma buat pariwisata sih gak semua orang bisa menikmati XBC rasa 1525 tsb

    hehehe…

  3. hendi_Yk01
    hendi /

    masuk nominasi buat dicharter besok Mei 2010..

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;