Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Acara gathering komunitas BisMania di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Ahad, 23 November 2008 kemarin berlangsung meriah. Kali ini banyak ilmu baru yang bisa didapat. Tak hanya tentang dunia mesin bus tapi juga tentang kehidupan penghuni terminal. Ada sekitar 35 orang member BisMania yang tumplek blek di acara yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB pagi sampai petang ini.

ab709bcfd93448531efb3855d94003b3

Acara semakin seru dengan hadirnya teman-teman dari BisMania Bogor. Acara juga makin sip dengan hadirnya member BisManiatun yang selama ini mbikin (sengaja ditulis begini) BisMania penasaran. Siapa lagi kalau bukan Mbak Tiwi Aubrey. Si Mbak yang fans berat PO Santoso ini sampai menyempatkan datang dua kali lho. Pertama, pagi pukul 10.00 WIB, hanya sekitar 15 menit lalu pamitan. Yang kedua, siag-siang saat sebagian teman-teman BisMania makan siang di warung ekspress Bu Darso di belakang Terminal Lebak Bulus. Usai makan siang, mak jendut.. tiba-tiba Mbak Tiwi nongol.. Obrolan pun langsung mengalir…….2edf8c5d97f8ab7b875b11622696d4c0

Ada banyak ilmu yang didapat dari acara kumpul-kumpul ini. Misalnya, tanpa sengaja kami menemukan bus PO Muncul berplat Jakarta model New Travego. Ya, inilah bus koleksi PO Muncul dengan model New Travego yang sekarang sedang jadi tren di dunia bus malam. Menggunakan sasis dan Mercedes-Benz “Doyok” bermesin belakang, bus ini masih terasa begitu spesial kondisinya. Bus jurusan Jakarta-Solo klas eksekutif ini makin terlihat istimewa karena saat kami “temukan” sedang parkir menunggu penumpang Ahad kemarin merupakan kemunculan pertamanya di depan publik setelah beberapa lama sengaja dibawa ke “salon” karoseri Suryana untuk di-make over

Karoseri Suryana adalah karoseri in-house milik PO Muncul yang berlokasi di Grogol, Sukoharjo. Hasilnya, tidak terlalu mengecewakan. Headlamp depan diganti dengan model smiley ala karoseri Adi Putro. Sayangnya, finishing eksterior bus ini kurang sempurna layaknya New Travego buatan karoseri lain. 697819d773dab00c7d326ecdd526dff1Misalnya, pada flap penutup unit AC eksternal. Jika pada setiap bus model New Travego flap-nya dirancang bisa menutupi seluruh sisi unit AC eksternal bus, pada New Travego buatan karoseri Suryana ini hanya menutup sebagian saja. Alhasil, puncak ‘atap’ unit AC eksternalnya masih tetap terlihat dari samping. Hal lainnya, make over bus Muncul ini juga lebih banyak pada aspek eksterior. Panel-panel interior seperti blower AC di atas kursi penumpang, perangkat televisi, dasbor dan sebagainya masih menggunakan panel sebelum bus menjalani make over.

Menurut seorang kru PO ini, PO Muncul saat ini masih memiliki sekitar 12 unit mesin Mercedes-Benz seri “Doyok” di garasinya di Solo, sana. Mesin-mesin tadi merupakan pembelian manajemen PO Muncul yang –konon– diimpor langsung dari Jerman, negara asal sasis bus Mercedes-Benz. Jika dilihat usianya, bus PO Muncul ini terlihat begitu istimewa. Kondisi sasis misalnya, masih terlihat begitu mulus dengan warna merah yang asli dari pabrikan –warna khas truk dan bus buatan Mercedes-Benz era dulu– yang masih tetap terlihat bagus.

Satu lagi, para teknisi bus PO Muncul ini berhasil menerapkan teknologi pendeteksi kondisi fanbelt pada kipas radiator dari panel pengemudi. Teknologi yang sebenarnya terbilang sederhana ini dibuat dengan memasang sebuah panel besi berupa besi pipih yang diambil dari rumah kunci gembok yang ujungnya ditempelkan pada pinggir luar bilah kipas radiator. Ujung lain panel besi ini disambungkan dengan seutas kabel yang terhubung ke sebuah lampu kecil di ruang kemudi.3c76e02ac595a4cfedb993508ef5afecCara kerjanya, ketika fan belt putus atau terlepas dan kipas radiator berhenti berputar, panel ini secara otomatis akan menempel pada dinding kipas. Otomatis, lampu yang teraliri energi listrik melalui kabel yang terhubung pada panel ini akan menyala.

Itu tandanya, pengemudi harus turun dan memasang kembali tali kipas yang lepas atau yang putus. Kiat ini rasanya bisa ditiru operator bus malam lain yang busnya menggunakan mesin belakang, jika panel instrumen yang bertugas mengontrol kondisi fans belt sudah tidak berfungsi lagi. (ari media)



Catatan Perjalanan yang lainnya:



febri handoko
Ditulis oleh

'lampung - jogja via utara'

8 Comments

  1. catur yudianto
    catur-yudianto /

    weeeehhh…jadi orang pertama nih…btw, pengen siy kalo ada acara kopdar lagi di terminal LB
    koyoe seru abissssss…tapi kadang bingung juga waktu diterminal LB, emang BMC biasa nongkrong di mana siy kalo di terminal LB?

  2. dhian purnamasari
    dhian-purnamasari /

    wahh….sangat menyenangkan sepertinya, boleh ya sekali2 dian ikut kopdarnya ??
    memang dian baru di bismania ini.., walaupun belum banyak tau tentang bis tp dian harap bisa berpartisipasi d dalamnya.. ^___^

  3. Doni Prast
    doni-prast /

    @ Mas Yudi, kalo di Terminal Lebak Bulus biasanya kita kumpul di pos (belakang bis – bis Kudus-an). Tunggu saja kopdar di Terminal Lebak Bulus.
    @ Mbak Dhian Purnamasari : silakan saja Mbak bergabung di kopdar & jangan lupa ikuti berita – berita BMC lewat milist di bismania@yahoogroups.com.

  4. riko42_flankers
    riko42_flankers /

    @mba dhian : iya mba monggo kl mu ikut gabung kopdar brg BMC…FYI, info kopdar biasanya ditampilin lewat milis BMC…utk ming ini kopdarnya bkn di terminal tp kopdar spesial di acara pernikahan salah satu anggota BMC di kawasan bekasi trus mlmnya ada kopdar jg di Pool Sumber Alam di Pondok Ungu….

  5. dhian purnamasari
    dhian-purnamasari /

    aduh terimakasih ya mas rico dan mas doni, sdh bsa di terima d bmc. Insyaallah dhian bsa ikut, tp bisa di terima gak ya dsna ?? hikss.. :( (

  6. catur yudianto
    catur-yudianto /

    oo di belakang bis kudus-an to, makanya aku ga pernah lihat di daerah bis2 soloan..ga taunya di situ ya. oke deh Mas Doni thanks…
    Untuk Mba Dhian salam kenal aja :-)

  7. Suplentonk Jaya
    plentonk /

    ikutan donggg …. seger seger gak harus di kolam renang ha ha ha ha ..

  8. emirz
    emirz /

    oow…yang itu to…

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;