Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Minggu yang cerah. Matahari tampak masih malu-malu menampakkan dirinya di ufuk timur. Satu persatu rekan-rekan BisMania Community (BMC) mempersiapkan diri. Rencananya, Minggu Klieon 21 Februari 2010 ini BMC Yogya menggelar touring bertajuk “BMC Goes to Wonogiri”.

PO. Tunggal Daya Pariwisata

PO. Tunggal Daya Pariwisata

Armada yang akan mengangkut kami telah siaga. PO Tunggal Daya mempersembahkan MB 1518 XBC nya untuk kami naiki. Setelah semuanya siap, kami memulai perjalanan menuju Wonogiri. Bis berplat nomor AB 7182 PN ini cukup nyaman berkat balutan Morodadi Prima. Fasilitas lengkap, termasuk Smoking Area. Tenaga XBC kreasi “seniman mesin” Mas Pungki cukup manjur menaklukan jalur utara. Manuver cukup lincah dengan tenaga tetap terisi. Menjelang pukul sebelas, kami telah tiba di Wonogiri. Kami lantas menjemput rekan-rekan BMC Jakarta yang stand by di Terminal Induk Wonogiri.

Jam sebelas lebih sedikit kami tiba di Plaza Gajah Mungkur, di pertigaan Ngadirojo. Tak kurang dari 40 peserta mendapat sambutan khas lagi meriah dari jajaran PO. Gajah Mungkur. Suasana akrab lagi santai kami rasakan dengan duduk lesehan bersama. Hadir untuk menyambut kami antara lain Mas Indra Jaya, Mbak Niken, Mas Budi, Pak Sardi, Pak Wagino dan jajaran pengurus lain.

Pada kesempatan kali ini kami memperkenalkan diri seraya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang di berikan PO. Gajah Mungkur untuk bersilaturahmi. Suasana siang ini sungguh asyik tatkala rekan-rekan BMC mulai bertanya. Mulai dari sejarah, jumlah armada, trayek, hingga ke urusan manajemen.

PO. Gajah Mungkur dirintis oleh Bapak Drs. H. Sumaryoto semenjak tahun 1993 dengan jumlah armada sejumlah 3 unit. Berkat usaha dan manajemen yang baik, maka bis dengan tagline “Mengutanakan Pelayanan” ini berkembang menjadi 30 unit. Ada 4 kelas yang disasar oleh Bis Gajah Mungkur. Mulai dari Big Top, Executive, VIP, dan Patas AC. Trayek meliputi Wonogiri, Pacitan, Ponorogo hingga Magetan. Semuanya tujuan Jakarta dan sekitarnya. Salah satu kiat yang digunakan PO Gajah Mungkur untuk menghadapi persaingan selama ini adalah memberikan service terbaik kepada penumpang. Termasuk jika ada bis yang tidak jadi berangkat, makan penumpang akan dialihkan ke bis dengan kelas diatasnya. Armada yang digunakan semua bermesin Mercedes Benz dengan banyak model karoseri. Ada Restu Ibu, Rahayu Sentosa, hingga Laksana.

Suasana obrolan santai

Suasana diskusi

Suasana diskusi

Suasana diskusi

Obrolan mengalir santai khas BisMania. Semuanya larut dalam suasana ceria penuh kekeluargaan yang dibangun pihak Gajah Mungkur. Satu bocoran juga didapat rekan-rekan. Untuk mendatangkan armada baru sepertinya belum akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Kiat yang ditempuh adalah  berusaha meremajakan armadanya. Ada 2 unit yang saat ini tengah dibangun Rahayu Sentosa. “Kami memesan model Evo C”, ujar Mas Budi dari bagian Marketing. Pada prinsipnya, pihak Gajah Mungkur berusaha mengefektifkan armada yang ada daripada mendatangkan yang baru.

Ikatan persaudaraan kami dengan PO. Gajah Mungkur ditandai dengan saling bertukar cendera mata. Ada miniatur bis Gajah Mungkur model Legacy Laksana dengan harapan semoga Gajah Mungkur mewujudkannya kelak kemudian hari.

Acara dilanjutkan dengan tilik garasi. Kami diantar menuju garasi Gajah Mungkur dikawasan Manggis, Ngadirojo. Di sini kami berbaur dengan semua teknisi dan beberapa kru. Obrolan seputar mesin dan sasis terasa menyejukkan siang yang panas.

Pemberian kenang-kenangan

Pemberian kenang-kenangan

Poto bersama

Poto bersama

Acara kunjungan di PO. Gajah Mungkur harus berakhir. Tak kurang dari dua jam lamanya kami bersama. Sayang rasanya, keakraban kami dibatasi waktu. ami harus berbagi waktu mengingat PO. Gajah Mulia Sejahtera sudah menunggu.

Terimakasih PO. Gajah Mungkur yang selalu menomorsatukan pelanggan dan “Mengutamakan Pelayanan”. Maju Terus…. ! Dan tetap eksis di Jagat Perbisan Indonesia !*****

(Artikel oleh Bowo GK, Poto oleh Braam dan Seno)


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'BisMania Community Yogyakarta Berhati NyamNyam'

1 Comment

  1. Wonogiri-VIP
    wonogiri-vip /

    bisnya body bagus2, favoritku ketika baru merantau ke JKT th 2003. cuma berangkatnya yg AC VIP dari cibitung jam 15.00 kalau bisa berangkatnya jam 14.00 jadi pe Wng sekitar jam 01 atau 02.. maju terus PO. Gajah Mungkur

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;