Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

PO. Haryanto

PO. Haryanto

Jumat siang terik dan cerah, sehabis shalat jumat aku relakan tidak ada ritual makan bebek goreng kesukaanku di depan Masjid Astra, karena niatan lil alamin mencoba kopral lagi, namun dengan track destinantion adalah Jakarta-Madura-Jakarta.. Ya Madura, sudah lama jadi inceranku selanjutnya setelah bulan lalu ke bumi wonogiri mencoba SSM dan GMS.Greng.. Motor ku parkir di parkiran terminal Tg Priok kemudian mengambil tiket yang sudah aku book di agen Priok dan dapet seat 1A, ku serahkan uang lembaran bernominal 100.000 dan 50.000, Rp 150.000 harga tiketku menuju Bangkalan, seep.. tiket dah ditangan. Sementara diparkiran terminal si kopral biru jumat siang dengan bus ke 2 memakan New Armada Avan Garde meyusul PK dengan ombak dan Ijo karina menggunakan selendang rubahan.. loh mba KD kemana yah tidak parkir..??

Cus.. langsung balik kantor, tapi emang dasar bismania.. mampir sebentar ah dadah-dadah dulu sama Pa Gun agen SSM tg priok, si biru dongker rupanya lagi ambil penumpang di agen jaya, muter sebentar di agen Laju Prima,, Em terparkir armada LP pake galaxy Air-s mantep dah LP tambah maju armadanya..

Sabtu 20 Maret 2010 (It’s time for war..)

Sesudah menyiapkan perlengkapan perang.. (xi.. xi..) kaya mau kamana gituh..

Siang terik jam 11 pun ku telusuri jalan perumahanku di ujung utara jakarta ini memakai angkot, sambung lagi dengan simerah biru metro mini menuju terminal Tg Priok (mas.. mas.. harap harap cemas pake armada apa ya..??) emang dasar metro mini didaerahku lama banget ngetem, sempet terpiki mau naik abang ojek, Jam 12.20 teng aku sampai di terminal dan langsung cek-in ke agen, tapi loh.. ko ora nan bise..?? kepriben kiye…. ?? wis mangkat ya..?? (banyumasan mode : on) terparkir laskar sakera yang lain Karina, PK ombak..(lagi) dan mba KD sedang stand by menunggu atau merayu penumpang xi..xi.. sedangkan si kopral fullbook dengan bus ke 2nya.. nah.. dah mulai ni kerebut penumpangnya di lumbung penumpang Madura.

Jam 13.00… Jam 13.05….

Jam 13.10…..duh mana ni bisnya blm dateng, penumpang dah pada kepanasan nunggu.. Jam 13.15 akhirnya… dateng juga

Kopral body AP travego smiley ber plat B 7879 IG, Agen mulai sibuk markirin bis, penumpang langsung bergerak.. ces.. cess.. bunyi kopral bermodal mesin 1521 ini langsung diserbu penumpangnya, ga ada 15 menit penumpang sudah naik agen cek kanan-cek kiri.. kenek agak kelimpungan sibuk merapihkan barang bawaan yang memang penumpang maduraan buanyak banget bawaannya dan non charge lagi..

Let’s go.. Berangkat…

Jam tanganku menunjukkan jam 13.40, tidak lupa berkenalan dengan driver pertama Mas sus yang mantan PK yang baru join di kopral setelah anget2nya demo2 di PK dan kenek mas tris… driver satu lagi sedang molor dibelakang, Menelusuri Tol Ir Wiyono Wiyono menuju cawang berjalan stagnan antara kisaran 80-90 km/h, Memasuki tol pertemuan dari ring-road cikunir melahap dengan mudah Gajah bleduk eh salah.. Gajah Mungkur Big Top Concerto lebak bulus dengan mudah,.

Sempat melihat Setia Negara Nucleus II sikuda hitam dari kuningan lagi mogok di kiri jalan, mentake over WB (Bukan warner bros ya he.. he..) Warga Baru, kemudian lagi-lagi melihat Serba Mulya jadul sedang mogok bawah plang jalan menuju lemah abang, Masuk karawang 1 korban lagi KD new travego Pulogadung-Madura dengan mudah (aduh ni bis niat jalan ga sih… lemot banget jalanya), di depannya terlihat Si Kupu-kupu PK Pulogadung yang jalan siang.

Keluar Tol Kopo-Cikampek tepat jam 14.30 , melihat Sido Rukun perpal di Pom Bensin, Di Agen Kontrol PK cikampek terparkir Jupe PK Jember ber plat B 7913, Patoek Besi Sampai Pamanukan joss sampe 100 km/h, Di Pom Pamanukan terlihat sedang minum Senja Funindo Biru PG, masih monoton sampai Rm Markoni hanya melihat Langsung Jaya sudah istirahat. Sebelum Masuk taman sari sempat mentak over WB JayJay (Jaringan Jaya) Cirebon,

di  RM. Taman Sari

di RM. Taman Sari

Taman Sari II

Ces.. ces.. Khas suara 1521 mendarat di Taman Sari untuk service makan tepat jam 15.23 di jam tanganku terlihat rombongan denpasar OBL Man Vanhool,dan 2 Kramat Djati yang sudah kecapean jalan jauh (em.. kirain dari barat, ga taunya dari timur).. tdk ketinggalan shalat jamak ashar-dzuhur dulu sebelum makan, Foto-foto datang Purwo Widodo Celcius..

Taman Sari-Kanci-Tegal

Jalanan masih agak kosong Cuma truck aja, kali ini si Pa Davidson pegang kendali, tenang namun pasti si Onta dari Kopral julukan untuk bapak yang satu ini yang berawakan tinggi seperti orang arab.. Masuk kanci tidak ada perlawan berarti Cuma Dedy jaya dilahapnya, Pertemuan kanci-pejagan pa davidson sempat tanya ke sang kenek..

Pa david :Tris.. Pejagan opo kanci tris.. ?? (tris.. mau lewat pejagan apa kanci tris..?)

Mas Tris : Yo terserah awakmu to pa.. ( Yah terserah bapak aja lah…)

Akhirnya Pa Davidson mengarahkan busnya keluar Tol kanci… Em udah lama ga lihat jalur losari-tanjung yang jalurnya sekarang banyak banget perbaikan.. weleh-weleh untung masih kosong jalanan jadi ga ada kemacetan yang berarti. Masuk Kota tegal jam tanganku menunjukkan jam 18.45 melihat dari kejauhan Al-Aminnya Sari Giri (ini al-amin di Timbul Jaya juga ada satu grup kali yah…) tewas berbarengan Adi Mulya Jurusan Bandung-Semarang.

Di Kota Batik Pekalongan bertemu bisnya orang Pacitan.. Ya (Pejepe) Pacitan Jaya Putra berkaroseria aneh kaya damri (lupa namanya..) tidak ada perlawanan, depan terminal pekalongan mentake over Tingok Aka Akas Asri Jember AP jadul yang jalan dari rawamangun jam 11an.. weh ketemu juga ni.. oh ini toh Tingoknya Akas Asri.

Jalur tengkorak kendal-alas roban dilalui dengan lenggak lenggok Cuma mentake over truck-truck saja.. ces.. ces.. bunyi-bunyi di belokan si kopral yang satu ini.

Bukit indah sudah agak sedikit lengang, sempat melihat 1 mba shanti yg sedang servis makan, Jam 20.45 melihat dari lawan jalur mba shanti kuning morodadi yg lagi belok di ring road sambil membalap lagi Sari Giri lagi.. (lagi..)

Jam 21.45 mata sudah mulai klyengan (aduh.. bahasa apaan tu) melewati kota semarang.. wah masih sore sudah sampe semarang toh.. Tidak lupa mampir isi solar sebelum terminal kudus sebelum masuk di pit stop Pool kudus,jamku menunjukkan jam 22.00 namun ga masuk pool hanya parkir diluar. Si onta kopral pun turun..

Aku : Mudun ning pool pae.. ?

Pa David : Iyo radiatore bocor..

Aku : Ono po toh pa.. ?

Pa David : radiatore awaku.. he.. he.. sambil senyum

Dasar emang dasar, si onta satu ini seneng ngeguyon.. aku kira radiator bisnya memang bocor ga taunya turun di pool sambil kencing he.. he… Sedang Mas Tris masuk ke pool utuk lapor, Mas sus pun lanjut pegang kendali di belakang stir. Si onta istirat dibelakang dan molor.

Lanjut.. Mas sus langsung memainkan kendali, dan ngantuk pun menghilang seketika ketika mas sus memainkan stir dengan lincahnya.. Em.. Mantan supir PK yang sempat ikut berdemo waktu PK didemo oleh crewsnya sendiri ini tergolong supir dengan berpengalaman sedangan segudang pengalaman, ijo dan PK pun pernah dipegangnya.

Baru beberapa bulan ia join di Kopral yg sebelumnya ia di PK dengan line Jakarta-Madura, tidaklah ragu ia memainkan stir dijalur yg sama namun kali ini menunggangi kuda dari kudus. Cus… memasuki daerah lasem mentake over 1 handoyo kuning emas semarang-malang dengan mudah, di depannnya lagi handoyo laksana clurit..waduh jurusan mana lagi ni.. sempat ga mau mengalah si clurit ini, namun dengan kesabaran namun pasti akhirnya tewas juga..

Jalur sluke-kranggan-Tuban

inilah pertarungan antara Kopral dan PK.. Mas sus yg mantan PK gemes banget liat PK bergoyang goyang didepan dari kejauhan aku tebak ini PK berbaju jupiter tentrem, ternyata benar.. yup.. sampai di belakang PK jupiter tentrem ini tahu kalau ada yang mengekor dibelakang, sehingga lenggak lenggokpun bisa terbaca dengan speed yg cukup lumayan kencang, Kopral pun berusaha memberi perlawaan dengan ajip banget.. Memang terbukti mas sus ga diragukan.. akhirnya PK pun tewas di terjang si kopral.. tet.. tet tidak lupa memberi salam, namun emang dasar ga ikhlas di PK masih membuntuti di belakang… Ga taunya di depan pun ada PK lagi.. kali ini PK berbaju centrum,Mas sus ngomong Ini PK jam pertama dari Jakarta… weh.. makin ajip aja.. Hebring… speed makin kencang dan aku pun malah ga ngantuk sehabis nonton peperangan xi.. xi..

Jam ½ 2 Pagi

Mendarat di Rm Pangestune-Tuban dan disana sudah terparkir 1 kopral berbaju Avan garde dan 1 kopral AP Marco Hini New generation (pegangan pa hendro ya kl ga salah..) Em.. padahal 2 kopral ini berngkat jam 11 dan jam 12.. dari Pulogadung dan Priok,, masih bisa ketemu di Tuban.. Keren kan.. Mantafff….

Ces.. ces.. ke tiga kopral pun parkir berjejer miring.. memang hari itu 3 buah armada kopral madura ngelene.. berselang 5 menit.. 2 armada kopral meninggalkan pangestune dengan lewatnya PK yang tadi kami take over… aku pun sempatkan ngobrol dengan mas sus sambil ngopi-ngopi, sedangkan mas tris sibuk membuka kap mesih belakang… 10 Menit cukup beristirahat semua penumpang pun kembali ke bus.. perjalanan dilanjutkan,

Tuban-Babat-Lamongan-Gresik

Jalur pun masih sepi hanya mentake over bebrapa truck dan Patas Jawa Indah Semarang-Surabaya speed tetap mantap.. Masuk gresik beberapa penumpang ada yang turun, Masuk Tol Dupak Jam tangan ku menunjukkan jam ½ 4 pagi..

Madura Aku datang….

Eng-ing eng.. tepat jam 4 pagi buta masuk Suramadu.. (aduh kepagian ni.. mau liat keindahan suramadu masih gelap diiringi gerimis mengundang..). akhirnya sampai Madura juga walaupun pertama kali melwati suramadu masih gelap.. xi..xi..

Belok ke kiri.. Masuk terminal bangkalan beberapa penumpang turun tidak terkecuali Mas Sus juga turun karena mau langsung pulang ke rumah.. Balik muter lagi ke arah Sampang, karen kopral ku memang akhir jurusan di Sampang.. sekitar 1 jam kurang sampai di kota sampang sambil menurunkan semua penumpang.. muter balik lagi ke bangkalan, karena bis ku jatah terminal bangkalan..weleh-weleh muter lagi toh.. istirahat si kopral minum di pom mengisi solar.. Em.. segarnya kota sampang yang masih cerah dan segar udaranya. Lanjut lagi.. sampai juga di terminal bangkalan lagi jam 5.30 pagi.. ces.. ces.. si kopral akhirnya istirahat juga..

Diajak Pa david ngopi di warung sebelah mushala.. xi.. xi.. sambil liatin PK baru pada sampai.. aku pun ditawari balik pa david balik dengan dia lagi.. Aku pun mengiyakan balik ke Jakarta dengannya…

Puas,. Puas.. perjalananku satu malam dengan si kopral.. Jagoan baru telah tampil dengan di Madura dengan performance ala kudusan, yang melayani penumpang seperti raja, Madura adalah memang ladang basah, jadi kalau tidak dijaga dan tidak dirawat dengan baik bisa saja hati penumpang laskar yang lainnya bisa berpindah hari ke kopral yang satu ini.

Ada Laskar Sakera Baru di Pulau Garam.. why not.. ?

Dalam Perjalanan tgl 20-21 Maret 2010

Jakarta-Madura-Jakarta PPPP (Pulang-Pergi-Puter-Pala)

Salam,

ShaYLeNdr4_21
Buat Hidup Lebih Bermakna
www.shaylendra.multiply.com


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'BisMania Community Yogyakarta Berhati NyamNyam'

1 Comment

  1. pertamax /

    wah mas keren bgt capernya.d tggu repot plgnya madura-jkt. bwt ada ga mas agennya d sekitar suramadu.soalnya sya jg pgn skali2 nyoba neh… lmnyn murah dr kompetitor yg maen harga > 200rb

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;