Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Jam Gadang dan Lorena Sumatera adalah pemicu,
selanjutnya aku sudah ada di bis yang berpacu .. “

Keinginan untuk ke sumatera menggunakan Lorena sudah tak terbendung,
jadilah aku dan adikku mencoba estafet menggunakan Lorena ..
Jakarta – Bukit Tinggi – Medan

Pada hari yang ditentukan berangkat-lah kami dengan bahagia menuju terminal
Rawamangun jakarta, dengan tiket Lorena di tangan yang telah di pesan
1 bulan sebelumnya ..
Tujuan kami hari itu adalah ke Medan, tetapi kami ingin estafet menggunakan
Lorena terlebih dahulu ke Bukit Tinggi ..

Hari itu 26 Desember 2005, siang yang cerah, jam 11.00 kami telah tiba
di terminal, langsung cek-in ke agen (ingat, biasakan cek-in ke agen setelah
anda tiba di terminal), dapet mobil LE-140.

2

Duduklah kami menunggu sambil mencermati bis mana yang bakalan menjadi musuh kami
nanti malam .. Ada beberapa bis ke Bukit Tinggi / Padang hari itu, seperti
PO. Transport, PO ANS, PO NPM, O Gumarang Jaya ..
ada juga bis bis laen yang searah .. wah, bakalan seru ini :)

Jam 11.30 tibalah sang kekasih ,

Lorena LE-140 no B 7836 XA Mercedes Benz, Adiputro ..

JakartaMedan

[foto adikku di depan lorena itu]

Sesuai tiket duduklah kami di nomor 1 dan 2 .. tepat di belakang bapak kernet,
disamping kami pasangan ibu dan bapak, terus kami atur tas kami
(cuma bawa 2 tas, 1 tas makanan 1 tas baju), dan mulai lah kami bermain main
dengan kamera kami ..

JakartaMedan (2)

Bis ini kelas executiv beneran, dengan 7 baris kursi, leg rest, reclening seat, kursi yang nyaman
(walau agak gatel), bantal dan selimut tak ketinggalan .. dan sebelum berangkat kami di
beri snak .. cukup menyenangkan bukan :)

JakartaMedan (5)

Terdapat toilet dan juga smoking area , tempat tidur pengemudi cukup nyaman ..

JakartaMedan (3)

JakartaMedan (4)

[ foto dari dalam smoking area ]

Tepat jam 12.00 bis kami bergerak, horeee, berangkatlah kami, bis ini ternyata
tidak mengambil penumpang lagi, langsung melesat tepat di tol jantung kota jakarta,
tembus ke tol jakarta – merak, langsung tancap .. sayang spedometer mati,
jadi kita gak bisa liat lari berapa sih mobil ini .. yang pasti cukup kencang, walau harus
takluk juga dengan mobil2 bandung – merak hino mereka gila pisan euy) ..
jam 13.30 tibalah kami di pelabuhan merak ..

masuklah kami ke dalam lambung kapal .

JakartaMedan (7)

SUMATERA …

jam 16.00 tibalah kami di pulau sumatera , di pelabuhan bakahueni ..
langsung melaju di tanjakan,di sinilah baru ketahuan kalo mesin gak ok :)
keluar dari pelabuhan jalan adalah menanjak terus menerus, dan bis ini seperti
mengerang erang , hingga bapak pengemudi 1 langsung berkomentar
” mobil gini di kasi berangkat ke sumatera .. mana kuat ” ..
jadi lah kami ber-gigi-satu macam siput gitu , berbagai macam mobil melewati
kami sambil tersenyum .. duhhh …

setelah tanjakan (akhirnya) terlewati , baru lah gantian kita yang melaju , wus wus ..
semua di libas , pengemudi 1 ini ciamik juga :) kami juga sempet melewati truk terguling ..

JakartaMedan (9)

jam 18.00 tepat kami tiba di bandar lampung, langsung berenti tepat di rumah makan xx
(apa namanya lupa) , tepat di sebelah perempatan lampung dekat agen lorena.
Disitu kami sikat masakan padang yang aduhai mahal nya :) )

Perjalanan malam di mulai , kami lihat beberapa musuh lewat :) hemmm … santapan besar ini ..
pengemudi 2 sekarang pegang stir, langsung maen pacu .. oh yea beibeehh .. ciamik punya ,
tapi kasar juga , belokan di sikatnya tanpa ngerem , langsung banting stir gitu model nya …
serasa terpelanting kita .. tapi tak mengapa .. malam terasa menyenangkan :)

Jam 20.00 kami lewat Bandar Jaya ..

Jam 24.00 kami tiba di Baturaja, setelah sebelumnya berlarian sendiri di hutan2 ,
kami serasa raja jalanan ..
di baturaja kami berenti, istirahat lagi, sambil ganti pengemudi .. pengemudi 1 sekarang ..

sayang perjalanan itu tidak bisa saya nikmati .. mata sudah terpejammmm .. ngroookkkk ..

Lahat kami lewati jam 04.30

uahhh .. terbangun .. udah terang ..

mobil kami masi lari .. lewat daerah hutan2 yang dianggap menyeramkan bagi pengemudi truk ,

trek antara Muara enim – Lahat – Lubuk Linggau .. dulu terkenal sebagai daerah
rawan perampok, dimana gak rawan, lah itu lubang segede gede gaban ,
kita serasa naek kapal, terbanting kiri kanan karena besarnya lubang ..
truk dan bis laen juga terlihat pelan sekali sambil pilih2 jalan ..
beberapa kali pengemudi kami tidak sabaran dan maen tancap aja itu lubang, lah hampir 2 jam
lubang itu menghantui kami, dan pastinya kami udah pegel injek kopling dan gas :)

Tibalah kami di lubuk linggau jam 09.00, berenti makan .. akhirnya ..
Disini ketauan kalo ada peralatan di bagian bawah bis (katanya sih apanya toilet)
copot di hantam lobang ..

Pengemudi 2 ambil alih ..

JakartaMedan (12)

[ Damri , bukan musuh yang enteng , ada 15 menit kami berlarian .. ]

JakartaMedan (14)

[ Family Raya Trans .. cukup menyenangkan ]

JakartaMedan (15)

sarolangun 11.30

bangko 12.30

muara bungo 13.30

Terus berenti makan di Gunung Medan .. (gambar diatas, sebelah NPM)
Pengemudi 1 ambil alih ..

Tiba di Kiliran Jao jam 16.00 , hujan deres .. seorang penumpang turun ..
Kiliran Jao ini adalah tempat perpisahan antara lintas tengah dan lintas timur, dari sini
bis bisa belok ke kiri , naek ke arah rengat , ketemu dengan lintas timur ..
kami tetap di lintas tengah ..

Tibalah kami di solok jam 19.30,
disinilah terjadi peristiwa “teler” .. teler ini adalah istilah dengan banyak definisi,
salah satu nya adalah yang kami alami , gini ceritanya ->

“seharusnya ada 2 mobil yang jalan, satu ke padang, satu ke bukit tinggi,
nah karena saat itu sepi, maka yg berangkat 1 mobil, dan karena kalo dari
solok ke padang dulu baru ke bukit tinggi itu jauh, maka mobil2 itu teler,
jadi mobil yang baru nyampe (A) di solok di jemput mobil yang kemaren dateng
(berangkat dari padang)(B), terus penumpang di bagi, yang ke padang ikut
mobil A, yang ke bukit tinggi ikut mobil B, nah besok mobil B berangkat ke jakarta dari
bukittinggi terus ke padang, sedang mobil A dari padang besok jemput mobil
dari jakarta di solok (C) .. dst .. :)

Jadilah kami di oper, naek bis satunya ,
dan bis ini bener2 gila, pengemudi dan kernet nya tidak berseragam
(mungkin karena “teler”, bukan mabuk ya),
nyetel dangdut pantura keras2 dan memacu mobilnya kencang2 .. ambooiiiiiiii

bukit tinggi 21.00

kami nginep semalem .. :)

Pagi di Bukit Tinggi , bangun , jalan2 .. dan yang pasti nyari2 tiket, coba ke ANS udah penuh,

nyoba ke ALS juga penuh, malah di kasi saran nunggu mobil dari jakarta , eh gila apa ,
datengnya gak jelas gitu, mana gak pasti dapet duduk apa enggak … ogah ..

puter2 gak jelas .. nongkrong lah kami di pool damri, tau gak .. ada hal yang menyenangkan
disitu, jadi PO Handoyo itu punya agen resmi di Bukit Tinggi :)
tapi mobilnya gak masuk , cuma ada agen nya aja, terus penumpang dari Bukit TInggi di kasi
naek DAMRI dulu, terus ntar di Kiliran Jao baru di oper ke Handoyo ( di Kiliran Jao ada
agen besar Handoyo sekaligus rumah makan dia ) .. cukup ok juga strateginya :)

Akhir nya kami dapet tiket PO Satu Nusa .. jadilah kami nongkrong kayak orang gila di
terminal Bukit Tinggi .. sayang niat untuk motret2 udah ilang, lah bt nungguin bis nya ,
ternyata kecurigaan kami terbukti, kami di suruh nunggu mobil Satu Nusa dari jawa,
gila kan .. kapan nyampeknya .. gak pasti .. langsung dengan penuh kekesalan aku komplain,
dan dapet deh kami di pindah ke PO Transport, dengan bis kuno nya .. tapi ok banget lah ,
yet another adventure dehhhhh ..

1

JakartaMedan (18)

PO Transport]

Dari terminal Aur Kuning bukit tinggi berangkat lah kami jam 14.30,
dan ternyata bener, kami mendapat kan bonus perjalanan yang menyenangkan,
tau kenapa?
ternyata bis ini melalui payakumbuh terus kelok 9, ke bangkinang,
naek terus ke arah duri, dan kami kemudian bergabung dengan Lintas Timur ..

Wuiihh .. trayek baru ini .. belum pernah aku ..
biasanya mobil dari padang itu tetep di jalur Lintas Tengah,
dari Bukit Tinggi terus ke arah Mandailing , melalui Natal , terus tembus
di Padang Sidempuan, terus dari situ ada yang masuk Toba lewat Tarutung
dan ada juga yang masuk ke Lintas Timur lewat Gunung Tua (semua nya udah pernah
aku lewati) .. nah dengan trayek baru ini aku jadi seneng banget ..
(kecuali adikku yang mengerutu terus karena mobilnya lelet .. )

Tidak banyak yang kami lihat disini, lebih banyak tidur :)

yang pasti jam 05.00 kami tiba di Rantau Prapat,
terus di kisaran kami berenti makan, jam 09.00 ..

Tiba di Medan jam 15.00 ….

Oh yea .. sungguh menyenangkan ..

===================================
Dari curhat bung Plentonk [www.suplentonkjaya.com]


Catatan Perjalanan yang lainnya:



febri handoko
Ditulis oleh

'lampung - jogja via utara'

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;