Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

KiperPon : Kisah Perjalanan Ponirin

sebuah catatan perjalanan

Edisi : Januari 2010

Hari itu,Jumat 8 Desember 2010,kuharus pulang ke Jogja karena ada suatu urusan. Seperti biasa,kalo mau pulang tas kerja isinya baju,dan rencana hari itu adalah naik bus plat AD-G alias Wonogiren,lagi kepengen ajah..entah kenapa hari itu pengen banget naik Purwo Widodo dari Lebak Bulus…Volvo atau Perkasa atau Mercy tuanya menggoda anganku..

Namun rencana tersebut buyar,karena ada sedikit masalah di kantor,ditambah lagi kelamaan libur membuat aku sedikit amnesia tentang pekerjaan yang aku tinggal cuti akhir tahun..

akhirnya rencana buat kabur after lunch pun batal..

Rencana B pun dijalankan dengan sasaran Sumber Alam Grogol,kalopun gagal lagi masih ada Malino Putra seat 2-3 AC,lha kalo gagal lagi aah gampang naik Sinar Jaya/Dewi Sri jurusan Purwokerto trus estafet ke Jogja hehe..

Sore hari sehabis kerja,masih sibuk buka-buka email,begitu kelar bergegas menuju Slipi dan naik Kopaja tujuan Grogol..nothing to loose..syukur kalo masih bisa naik Sumber Alam,engga ya ga papa..

Setiba di Grogol disambut calo resmi..

“Mau kemana mas..??”  kali ini seseorang dari Lorena terlebih dulu mendekatiku

“mau naik Sumber Alam” jawabku menerapkan jurus ampuh tanpa menjawab kota tujuan hehe..

Ketika sampai loket Sumber Alam..

“mas udah berangkat belum??” tanyaku..

Tanpa sepatah kata si agen keluar dari loket,lari terbirit-birit,disemangati rekan-rekannyaa,aku hanya melongo..

“di telpon ae kon mandheg sik..” kata seorang rekannya

Akhirnya si agen kembali dengan senyum pasrah..

“udah berangkat mas..baru saja 5 menit lalu..” kata si agen mengkis-mengkis

“yo wes aku diojekke,wani ora bis-e mandheg sik..” tantangku sekali lagi

“hahaha”  tawanya berurai

“Hahaha”.. aku juga ikut ketawa,pertanyaan yang konyol..” ya udah mas..makasih yo..”

Oke,sekarang plan C,nyari agen Malino Putra dulu..

“mas,ke Jogja ada gak..??” tanyaku ke agen Malino

“ada mas,berapa orang”

“satu aja mas,paling depan,berapa mas??”

“Sembilan puluh lima ribu”

“enggak 91 ribu mas,di Pulogadung 91 ribu” tawarku

“beda mas..”

“bedanya apa..??”

“sini Grogol, sana Pulogadung” jawabnya sekenanya

“hahaha..yowes kene”..yup,aku pilih seat no 2,karena ogah duduk di bangku 3 deret..

Calo di Grogol tidak seganas di Pulogadung,itu yang membuatku enggak kapok berangkat dari terminal Grogol..

Sambil menunggu keberangkatan Malino Putra jam 19,aku berbincang dengan seorang bapak dan seorang cewek yang manis sekali,balungane cilik,untune miji timun,kulihat jemarinya tidak ada cincin yang melingkar…suit-suit…

“mau kemana Mbak?”

“Purwokerto mas…”

“Purwokertonya mana?”

“Purbalingga”

Hehe..itu mah Purwokerto coret batinku  wkwkwkwk.

“mbaknya naik apa?”

“Lorena mas..”

“Loh kok naik Lorena,enggak suka naik Sinar Jaya apa?” tanyaku sedikit menginterogasi,karena kaum komuter plat R dikenal fanatik dengan Sinar Jaya

“Biasanya naik Sinar Jaya,tapi tadi Lorena nawarin 55 ribu dapat makan mas..kalo Sinar Jaya 50 rebu gak dapat makan”

Hmm..pikiran sederhana dari penumpang awam,tapi boljug nih jalan pikirannya,toh makan di RM khusus bus malam,gak dapat tuh 5 rebu,tul gak??

“wah lumayan juga ya..”

“iya mas,ada toiletnya juga,Sinar Jaya kan enggak ada..tapi ini penumpangnya belum banyak,takutnya dioper bus lain”

“tenang mbak,pasti berangkat kok,cuma ya sabar aja.. hiburku…hmm menghibur dan membuat hati wanita menjadi nyaman,adalah sesuatu hal yang disukai wanita hahahaha….”

Lorena berbalut RS Evolution,masih betah bersaing dengan gerombolan Sinar Jaya,55 rebu dapat makan,hmm otakku berpikir apakah tiket Malino kuhanguskan aja,lumayan toh kalo bisa kenal cewek ini lebih dekat..hehe..

Lagi tengah asik berbincang,petugas Malino meminta agar penumpang Purworejo – Jogja naik..yaahh sori ya mbak,saya duluan,kalo udah jodoh besok pasti ketemu lagi xixixixi..

Semoga dia membaca tulisan dijaketku..www.bismania.org ..bismania@… dia membaca KiperPon ini dan tahu dia sedang aku jadiin tokoh di sini..semoga.ngarep mode:

Malino Putra  B7878IS RS Evolution, Hino RG

Malino Putra B7878IS RS Evolution, Hino RG

Bus tanpa seat no 4 (ngikutin hong shui kaleee) ini sudah siap di deretan belakang,ketika kududuk di seat 2,alamak..sempit buanget..AC-nya sentral,memang ada reclining seatnya,tapi gak bisa terlalu rebah,coz pasti mentok dengkul penumpang di belakang dihitung baris kiri ada 10 deret,kanan juga 10 deret sisanya jadi smoking area,wow 50 seat didalam..duh masih longgar Sumber Kencono AC tarip biasa,disebelahku adalah bapak yang tadi ikutan ngobrol,beliau lebih tersiksa lagi,coz meski depan gak bisa slonjor,kakinya kena pembatas.waduuh 95rebu AC 2-3 tv LCD smoking area non toilet,dengan fasilitas seperti ini kok seperti kemahalan.

Tanpa seat no 4

Tanpa seat no 4

aaawww… nyesel diriku,mending tadi naik Lorena 55 ribu estafet Purwokerto-Jogja bonus ketemu cewek cakep..duuh bodoh banget diriku.miss yooouuuu

jam 19.22 bus meninggalkan Grogol dengan berjalan mundur,melewati depan ruang tunggu,terlihat si cewek tadi masih menunggu keberangkatan Lorena..aah seandainya..

memasuki Jelambar langsung disambut macet,namun MP ini gak masuk tol dalam kota melainkan menuju tol arah Ancol-Kemayoran,dari sini bisa ditebak kalo MP ini menuju pool

Macet malam Sabtu

Macet malam Sabtu

Pulogadung untuk ambil penumpang,sayang sekali jalan tol macet banget malam itu,dan akhirnya tiba di pool sekitar pukul 21.10

Dari sini naik cukup banyak penumpang..

“ooh seatnya 2-3” kata seorang ibu

“Sabar ya bu,saya juga mentok nih kakinya..”

Jam 21.18 bersama dengan Malino Putra Wonosobo meninggalkan pool menuju tol Cikunir sebelum pintu tol seperti biasa terlihat Gunung Mulia ngetem hehe..

kemudian menyusuri tol Jakarta-Cikampek keluar tol Karawang Barat yang ternyata ambil penumpang dulu di agen..masuk tol Cikampek lagi berbelok kearah Bandung dan keluar pintu tol Sadang,dari sini lurus menuju arah Subang namun berbelok ke ruas Pabuaran-pantura..aaghh udah biasa,jalannya pasti rusak wes tidur aja..

Namun seberapa nyaman sih tidur dengan seat sempit seperti ini?? terbangun ketika sudah mencapai pantura..jadi ingat kata teman kalo MP baru istirahat lepas Cirebon waahh lupa gak bawa snack nih..perut mulai keroncongan campur dangdut koplo..

MP..MP..MP(MP=Mangan Piiir!!) perutku berteriak saking laparnya..

Hawa sejuk AC central sebetulnya gak terlalu dingin,namun berhubung perut kosong,kupaksa berlindung di balik jaket BMC kebanggaanku made in BMC Jogja daripada masuk angin.

Pemandangan di pantura biasa saja,apalagi lepas dari Jakarta setelah jam 21,lawannya cuma gerombolan trio Sinar Jaya,Dewi Sri,Dedy Jaya,tampak tak satupun meladeni Malino Putra yang menurutku speed-nya juga biasa saja..huh dasar MP..MP…(MP=Mobil Pelan.). apa gak merasa penumpangmu kelaparan??

Jam 2.17 akhirnya bus MP (MP=Mulai Parkir) di RM Ramah Tamah..

Asli lokasinya jauh banget dari tempat istirahat bus-bus malam di seputar Sukamandi/Ciasem,so jika ada teman-teman yang mau jajal MP ini harus makan dulu kalo gak ya bawa camilan..

di rumah makan

di rumah makan

Aku langsung menuju meja prasmanan,hmm pagi buta gini kok gak nyediain masakan hangat ya..yo wes seadanya,dengan merogoh 20 ribu,kunikmati makan dini hari itu..nyam..nyam..

Istirahat cukup lama,hingga akhirnya jam 3 dinihari MP mulai berangkat kali ini konvoi 2 bus MP Purwokerto-Wonosobo dan 1 bus MP Purworejo-Jogja dengan driver kedua yang terlihat lebih joss..tapi sayang banget,jam segitu udah gak ada lawan..

Udah kenyang,jadinya MP (=Mulai Pulas) alias tidur..sekali lagi tidurnya tidak nyaman,apalagi seat agak tegak..

Setelah masuk wilayah Jateng,satu persatu penumpang mulai turun,sudah MP (=Mulai Pagi)..

hingga sampai terminal Purworejo hanya menyisakan 5 penumpang tujuan Jogja,di terminal ini istirahat cukup lama,si driver pun nyantai ajasaatnya MP (=Makan Pagi),tapi kok gak ada yang menarik,okelah 2 buah arem-arem (makanan sejenis lemper tapi dari nasi) kutebus buat ganjal ban eh perut sampai Jogja nanti..

Setelah puas ngobrol bus MP (=Melanjutkan Perjalanan) ke Jogja,sampai di perbatasan Jateng-DIY disambut hujan lebat..

di belakang Suharno,bangjo terminal Wates

di belakang Suharno,bangjo terminal Wates

Dan akhirnya 9.36 diriku tiba di Pasar Gamping,sementara MP melanjutkan ke terminal terakhir di Jombor (enggak masuk Giwangan critanya)

bener-bener perjalanan yang sedikit melelahkan,tapi tak apalah karena aku tidak akan pernah merasakannya kalo tidak mencobanya..

sekian

salam maniez,

Ponirin Hendi Simili Kithi

BMC Yk001 08562859632

jajah deso golek bojo


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'BisMania Community Yogyakarta Berhati NyamNyam'

2 Comments

  1. Suplentonk Jaya
    plentonk /

    mp: masuk pir!

  2. kurkur
    kurkur /

    bukane itu rs celcius ya mas. . . . . . . .

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;