Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

KiperPon : Kisah Perjalanan Ponirin

Caper edisi  21 Desember 2009

Turing malam 1 Suro sudah berlalu,saatnya balik ke Jakarta,setelah memastikan bahwa Legacy Gunung Mulia bukan jadwalnya berangkat dari Tirtonadi,akhirnya memutuskan berangkat dari Jogja,sempat mau beli tiket Santoso Womer seri V ataukah nostalgia dengan Sumber Alam 1525,pilihan jatuh ke Mulyo Indah Solo – Jogja – Bogor

Tiket seharga 170ribu,sayang seat terdepan sudah dibooking agen lain,pilihan tinggal seat 23-24 dan ditawari seat no 10,ya udahlah seat no 24 aja..kebetulan sore itu baru datang sebuah bus Mulyo Indah dengan kaca akuariumnya..cantiiiikk, jadi penasaran nih..

14.50, 19 Desember 2009,

Setelah ambil pesanan jaket BMC dari rumahnya mas Desika,aku segera berangkat ke perempatan Jombor naik bus engkel Yogya-Tempel dari dekat rumah,dapat bus yang kinyis-kinyis dilengkapi dengan TV-DVD yang siang itu nyetel grup Palapa..wah kemajuan pake tipi segala..

Sampe agen perempatan Jombor,bus belum datang,letak agen di pojok perempatan membuat leluasa menyimak situasi lalin sore itu,setelah setengah jam menunggu akhirnya datanglah bus Mulyo Indah karoseri RODA model Antero Coach,sekilas model seperti Mercy Tourino,dan seperti umumnya bus malam Mulyo Indah tampilan luar klasik nan mulus dengan kaca akuariumnya,entah mengapa di pikiranku terbesit nama alyssa soebandono buat mengibaratkan bus ini .Mulyo “alyssa soebandono” Indah hahahaha.

segera bergegas naik melihat deretan kiri hanya 6 baris sudah pasti lega,interior masih terawat meskipun seat masih model lawas,hampir mirip seperti seat Karya Jaya Patas Semarang-Solo..

Interior

Interior

Seat no 24,ini dia yang kucari,tampak foot rest yang sudah paten engga bis dilipat,hmm nuansa jadul tapi its oke..malah bisa langsung slonjor,tak dinyana bus ini dilengkapi laptop di setiap seat…engga percaya kan?? Ni ada fotonya..hehe..

laptop ala Mulyo Indah

laptop ala Mulyo Indah

15.50 bus berjalan mundur meninggalkan agen perempatan ..jarang banget naik bus berangkatnya jalan mundur dulu.

Hingga agen Sleman,terhitung ada 6 orang naik dari Jogja,dengan kapasitas 26 seat menandakan bus ini punya konsumen loyal di area Yogyakarta, padahal hampir setiap bus malam dari Jogja mempunyai rute ini.

Kemudian kru mengontrol tiket,sambil menanyakan turun di mana,setelahnya dibagikan snack,isinya air minum dan sepotong bika ambon,lumayanlah..

agen perempatan Jombor

agen perempatan Jombor

17.00,Terminal Magelang,

Tak terlihat bus malam lain disini, gerombolan Santoso mungkin masih di pool,kawanan gajah OBL jelas sudah lewat,Pahala Kencana juga pasti udah cabut duluan..

Secuil snack gak bisa buat nahan lapar,kebetulan ada yang jual lumpia,5000 dapat 3 buah hehe..makan malam masih lama bro..

Melaju meninggalkan terminal bertemu dengan kawanan Ramayana yang ternyata adalah pariwisata,semuanya diblong di pertigaan KebonPolo.

18.30,masuk pertigaan Bawen bergabung dengan bus-bus malam dari arah Solo,sempat diblong Maju Makmur “bocor alus” ,tuh drivernya memang bocor alus haha..

18.55,masuk Ungaran,sebelum RSUD belok kiri mengitari trek ala Monaco melewati alun-alun dan terminal Kembang Arum dilanjutkan jalanan menanjak hingga Taman Unyil baru kemudian dapat bonus jalan menurun lagi sampe Banyumanik.

Keluar tol Krapyak belok kanan,dan puter arah ternyata ambil penumpang dulu di agen Jl. Siliwangi,ini adalah penjemputan penumpang terakhir,dan malam itu hanya tersisa 4 seat dari 26 seat yang ada,mengagumkan,meski malam Minggu penumpangnya lumayan,apalagi persaingan sangat ketat..di seat 21 duduk seorang ibu dan anaknya,karena seat kosong,anaknya bisa leluasa duduk sendiri..ibu ini tampak pelanggan setia Mulyo Indah,karena bisa langsung membuka laptop,menarik selimut dan tidur !!! Busyet belum ada 15 menit udah tidur..begitu nyamannya..

21.04,masuk rumah makan entah apa namanya,daerah Gringsing..

Mau keluar dari “kandang” kok jadi susah,karena laptop ini paten kali ya..kulihat si ibu dengan anaknya tertidur pulas,mau aku bangunin siapa tahu mau makan malam,tapi gak tega..kalo dia jantungan kalo kaget kan malah repot..ya sudahlah..sori ya bu..

Menu makan gratis malam  itu mi goreng,sayur tahu,dan ayam bumbu kecap..biasa aja, tapi tempatnya lumayan,dapat kursi sofa yang empuk mengingatkan kalo makan fast food di mall, sambil makan mata jelalatan kemana-mana,di seberang pintu aku lihat kok ada kru bus OBL??loh berarti sebelahnya adalah RM Sendang Wungu??

Selesai makan,nunggu bus berangkat,akhirnya dari baju seorang satpam kupastikan bahwa ini adalah RM Sendang Wungu,cuma beda pintu saja,dan malam itu hanya ada 3 Mulyo Indah dan 1 Rajawali Solo-Semarang-Sukabumi..

21.30,keluar dari Sendang Wungu,di pintu sebelah tampak si cantik OBL “dian sastro” Super Executive juga baru berangkat…halaah bus kok dimiripkan artis..

Sambil memantau ke kanan siapa tau diblong sama OBL SE,ternyata kok gak nyalip-nyalip..??sampai lepas alas roban juga gak diselip..

Meski agak gemlodhak,namun bus ini cukup nyaman,raungan mesin yang masuk ke kabin tampaknya dikalahkan oleh sensasi kenyamanan jadul bus ini..biar jadul tapi nyaman bro..nyaman buat tidur maksudnya..

Kecepatan bus ini juga dapat diandalkan,jauh dari bayangan saya kalo bus plat AD jalannya kayak putri solo juga..

Malam itu,kuhabiskan buat tidur,sambil sesekali pikiran melayang menyusun rencana merangkai mimpi menjadi kenyataan di tahun 2010..zzZZzz..

Sejenak terbangun karena driver menghentikan bus,bergegas dia ke belakang membangunkan kernet, ban ngarep tengen kempes.. (=ban depan kanan kempes)

Sebetulnya saat itu pengen keluar juga,tapi mata ini ngantuk berat.

Tidur berlanjut,hingga akhirnya terbangun lagi menyimak balapan dengan Shantika merah..dimenangkan Mulyo Indah tidur lagi..

Masuk tol Cikopo..

Masuk tol Cikunir bareng sama Muji Jaya “yellow white”, kulepaskan selimut,kupake jaket dan topi,karena sebentar lagi keluar tol Pasar Rebo..

05.20,perjalanan dengan Mulyo “alyssa soebandono” Indah berakhir di Cijantung, lumayan nyaman buat perjalanan jauh,terlebih lagi kalo manajemen Mulyo Indah mau meng-update interior dan armadanya, next time bisa dicoba lagi apakah kecepatan dan pelayanannya masih konsisten..

Tet..tet akhirnya P6 Mayasari A215 membawaku ke Slipi..

Sekian..

salam,

hendi ponirin similikithi

bmcyk001 -08562859632

note: maaf ga ada foto busnya..


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'BisMania Community Yogyakarta Berhati NyamNyam'

3 Comments

  1. pranowo
    pranowo /

    Dr kecil saya bercita-cita pengen naik Mulyo Indah, dl bis2 Solo yg lwt Jogja hanya Apollo, Mulyo Indah, Dwi Jaya, Raya & Tunggal Daya. Karena bis2 solo ini rutenya Solo-Jogja-Semarang-Jakarta (pulogadung)-Bogor. PP. NAh terkendala tujuan akhir di Lebak Bulus akhirnya hanya bisa memandang saja, dari Jakarta si Mulyo Indah ini satu restoran dengan SDR, Taman Sari di PAmanukan (selatan jalan).

    Sekali naik bis Wonogiri yaitu Ismo, berangkat dari Patal Senayan jam 14.00&mendarat di Jogja jam 02.00…….Bersyukurlah anda bisa merasakan bermacam-macam bis, masih banyak yg belum berkesempatan seperti anda seperti saya contohnya….pol mentok numpak SDR sejak kelas 3 SD klo ke Jakarta/Jogja.

  2. rendy
    rendy /

    akhirnya aku juga naik Mulyo Indah Antero Coach,benar apa yang anda katakan mas pon,nyaman plus “laptop”,dan yang saya kagum bisa mengejar Shantika Shantika..

  3. eone dhoyo
    e-1 /

    Terima Kasih atas kepercayaan mas Pon, yg telah mencoba PO Mulyo Indah..

    dari hasil penelusuruan Mulyo Indah itu mempunyai 2 tipe mas :

    1. ada yg menggunakan Armada Tua, namun mesin Lumayang,n kenyamanan di nomor satukan..
    (beberapa Tipe Antero coach, Intalan (itu kLo bLum d jual))

    2. ada yang menggunakan armada yg cukup muda,tenaga Jos,namun kenyamanan’a kurang sebagus nomer satu,namun tetep ada Laptop’a..
    (Panorama DX (yg utama), beerapa tipe Antero Coach,beberapa tipe RI Skania)

    silahkan anda pilih….

    sekarang MI mencoba trayek baru yaitu k Wonogiri (namun tidak setiap hari jalan), anda bsa naik dr Pool Tanggerang, dan untuk mendekatan kpd pelanggan MI sudh membuka kLz VIP, baik dr Tanggerang,n dr Bogor (Kelapa Dua, Pall)..

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;