Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Sabtu ini aku ada ide untuk ke ICS&FKI yang ada di JCC (Jakarta Convention Center). Rencananya mau naik TransJakarta dari depan sekolah di daerah Buaran. Yak waktu menunjukkan tepat pukul 15.00 yak it’s time to go pikirku, langsung aja jalan ke halte nya dan bayar dengan Rp.3500. Sayangnya pas lagi beli tiket bis nya dateng jadi terpaksa nunggu bis berikutnya. Dan sekitar 15 menit baru datang lagi bis nya, sudah ada beberapa orang di halte itu dan masuk ke bis, wah dapet seri pertama DMR nih pikirku, dengan mesin Inobus dan karoseri Tri Sakti bis ini menyusuri jalan I Gusti Ngurah Rai yang ramai lancar saat itu. Halte demi halte dilewati hingga sekitar 15 menit sampai di halte Kampung Melayu.

Sampai Kampung Melayu aku nunggu bis koridor 7 jurusan Kampung Melayu-Kampung Rambutan dan gak lama dateng lah bis nya dapet LRN-022 dan seperti biasa langsung pada rebutan masuk bis nya. Selagi rebutan bis aku melihat betapa egois nya warga di kota besar satu ini, ada sepasang suami-istri, istrinya duduk duluan dan menempatkan bangku di sebelahnya dengan botol agar tidak diduduki oleh orang lain, padahal di depannya ada seorang ibu tua yang ingin duduk. Akhirnya setelah suami nya datang, dia mempersilahkan ibu tua itu yang menempati tempat duduknya. Setelah semua masuk dalam bis, petugas Tarnsjakarta langsung menyapa penumpang dengan “Selamat datang di LRN-022 jurusan Kampung Melayu-Kampung Rambutan bla bla” aku tidak hapal teks nya hehe soalnya baru tau ada pengumuman gitu, biasanya mah naik naik aja. Bis berjalan cepat menyusuri Jalan Otista yang macet saat itu tapi untungnya jalur busway nya steril jadi bebas macet. Dan kurang lebih 10menit kemudian saya sampai di halte BNN dan turun untuk transit.

Dari halte BNN aku menunggu untuk naik bis koridor 9 jurusan Pinang Ranti-Pluit. Setelah sekitar 10menit menunggu datang juga bis nya dengan nomer lambung BMP-033 dengan mesin Hyundai dan karoseri Nucleus 3 dari Laksana. Seperti biasa bis nya penuh. Aku putuskan untuk naik saja dari pada nanti kesorean, dan yak bis nya udah kaya pepes, penuh banget! mana halte JCC masih jauh pikirku, yaudah nikmatin aja perjalanannya. Bis berjalan menyusuri Cawang, setibanya di halte Pancoran Barat, ada kejadian unik. Karna bis nya penuh, ada penumpang yang susah keluar dari bis dan akhirnya ditinggal tapi penumpang itu maksa buat turun sambil ketok-ketok atap dan berteriak

“woy stop!” seketika TransJakarta berhenti dan langsung membuka pintu, sementara mereka berjalan ke depan menghampiri si kondektur dan berkata

“mas saya mau turun, mundur-mundur”

“wah maaf mas gak bisa udah terlalu jauh, nanti aja di halte berikutnya” jawab si kondektur

ckck aku hanya berfikir kenapa orang itu tidak siap-siap turun dari tadi? Bikin malu saja. Akhirmya hampir semua penumpang bis melihat ke arahnya. Malu. Mungkin dia mengira Transjakarta sebagai Taksi yang bisa disuruh mundur kapan aja haha akhirnya ia turun di halte Tegal Parang. Perjalanan berlanjut sampai akhirnya kondektur berkata

“Halte JCC Senayan siap-siap halte JCC Senayan” aku langsung bersiap-siap untuk turun.

Sampai di halte, saya bertanya ke petugas yang ada di loket

“mas JCC ke arah mana?”

“belok kanan” sahutnya

“terima kasih mas”

dan sampailah ke arena JCC, disana aku hanya melihat-lihat, shalat lalu pulang.

Rencana pulang langsung ke Bekasi aja naik Mayasari Bakti AC05 Barat. Tapi karena halte Transjakarta di JCC cuma searah, aku putuskan untuk naik dulu sampai Grogol lalu transit, setelah membeli tiket di loket dan menunggu beberapa lama, datanglah TMB-032 dengan karoseri Tri Sakti. Sama kaya tadi bis nya penuh sesak tapi lanjut aja daripada kemaleman? Akhirnya sampai di Grogol, lalu aku naik Transjakarta ke arah sebaliknya sampai halte Semanggi dengan TMB-033 wah bisa urutan gini bis nya pikirku. Bis menyusuri jalanan Jakarta yang padat saat itu. Maklum lah malam Minggu. Akhirnya setelah sekian lama sampai juga di halte Semanggi dan aku harus jalan untuk sampai ke halte Bendungan Hilir yang panjang banget itu, akhirnya setelah beberapa lama dapet bis koridor 1 arah Blok M (lupa nomer lambung nya yang jelas JET) lalu aku turun di halte Gelora Bung Karno dan turun untuk menunggu Mayasari bakti AC05 arah Bekasi.

Setelah beberapa lama aku melihat ada AC05 ah tapi sayang itu lewat Bekasi Timur sementara yang saya cari yang ke Bekasi Barat. Agak lama nungguin 05 tapi lumayan jadi sedikit tau tentang bis-bis apa saja yang lewat depan GBK. Mulai dari Shuttle Bus, Kopaja 19, sampai Steady Safe R921 jurusan Kampung Melayu-Blok M, akhirnya dapet AC05 dengan nomer lambung T203 dan keneknya langsung teriak

“Barat Barat!”

Aku langsung naik. Di dalam ga kebagian duduk udah pada berdiri soalnya yaudah terpaksa berdiri (lagi), jalanan macet sampai akhirnya bis masuk tol dalam kota. Kenek mulai menarik ongkos, aku membayar dengan uang 5000. Aku tahu tarif nya 6500 tapi karena aku berseragam sekolah jadi kasih 5000 aja tapi kata keneknya sama aja semuanya 6500 ya jadi bayar lah 6500. Percakapannya kira-kira seperti ini (saat itu ada yang lagi ngamen disampingku)

“ongkos?”

“nih *kasih gocengan*”

“6500 dek”

“gak denger karna ada yang lagi ngamen di sebelah* apa?”

“6500″

“apa?!”

“6500 DEK!” udah mulai kenceng tuh haha

“oh. Yah kan pelajar bang?”

“sama aja ntar itu juga 6500. *sambil nunjuk anak kecil di depan*”

“yadah nih”

Haha mau ketawa sebenernya kalo inget ngomong nya tadi. Sampe teriak-teriak gitu. Tol cukup padat sst itu kemudian sampailah di Jati Bening

“ayo bening bening!”

akhirnya aku dapat duduk karena banyak yang turun. Tapi banyak juga yang anik akhirnya bis kembali penuh. Ga berapa lama bis keluar tol Bekais Barat sambil keneknya teriak

“ayo Barat Barat”

akhirnya saya turun. Untung saat itu lampu sedang merah. Aku gak langsung naik angkot tapi ke McD BCP dulu buat nyari makanan. Niatnya sih mau makan disana tapi males rame banget akhirnya cuma beli 1 es krim McFlurry. Dengan es krim di tangan, langsung keluar dan nyetok K25, untung ga penuh jadi bisa santai makan nya, sekitar 15menit sampai juga di fly over Kranji, bayar pake uang 2000, jalan kaki deh sampe rumah. Selesailah perjalanan melelahkan ini. Bis kota Jakarta benar-benar mengajarkan sesuatu yang ga bisa di dapat di sekolah-sekolah formal.

Thanks for reading :D

Dari Kota: Jakarta
Jam Berangkat: 15:0
Tujuan Kota: Bekasi
Tiba jam: 20:15
P.O: Transjakarta, Mayasari Bakti
Harga Tiket: 3500
Kelas: AC Ekonomi (kursi 2-3)
Tanggal: 06/09/2013


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

'I'm just an ordinary person who love bus a lot!'

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;