Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Liputan Perjalanan kawan kita, rian dari jogja ke jakarta

16 Agustus 2008

Setelah urusan bertemu teman di Jakal selesai, balik lagi ke Jombor, saat itu dah jam 13.30 waktu Jogja.

14.00: Terminal Jombor

Pilihan waktu di Jombor masih bercabang… mo ke Semarang dulukah lanjut ? Pastinya naik Nusantara… mo ke Solo/Palur kah ? Masa naik SE Rosalia lagi, meskipun penggemar juga…atau mengulang perjalanan yang dah lama naik SE OBL ?

Plan C (naik SE OBL ) dipilih..langsung ke kantor agen di pojokan terminal Jombor, buka pintu kok hawanya lebih panas dari udara di luar ya ? Ternyata ac mati itu tanda gak dapat seat alias dah penuh, ditawari yang eksekutif saya gak mau.

Plan A (naik Nusantara) coba ditimbang kembali….ke agennya, lumayan penuh penumpang di ruang tunggu…saat itu ada 1 bis Nusantara yang stand by di jalur…belum sempat tanya ke petugas udah dengar omongan petugasnya duluan “ada lagi jam 15.00 nanti”. Udahlah….belum lama ini udah naik SE Nusantara kok, coba yang lain aja…

Plan B (naik dari Jombor)…beralih ke loket di sebelahnya loket Nusantara, agen Lestari di pojokan. Tanya2….maksud hati mo naik KRAMAT DJATI Airsus…ternyata penuh. Saya langsung pede aja sebut “RAMAYANA” bis yang belum pernah saya dudukin untuk rute AKAP. Ditelp ke kanpusnya, untuk tujuan Lebak Bulus masih ada seat di baris 2 no 6 (kiri jalan). Ingat2 kembali bis RAMAYANA ini, saya dah sering lihat…terutama yang dari Pulgad ke Rawamangun kalo pas pulang kerja. Bis ini tidak ada yang SE, tapi Eks nya cuma 6 baris !! Saya sudah bisa bayangkan kelapangannya.

Bayar tiket Rp 160 ribu, menunggu jam 15.00, jalan2 keliling Jombor….bis RAMAYANA E3 sudah masuk & parkir di jalur. Menurut si mbak agen, bis E3 tujuan Rawamangun dan Pulgad. Kalo E1 yang ke Lebak Bulus & E2 yang ke Bogor . E1 dan E2 belum tiba.

Dari kejauhan nun di seberang pintu masuk sana saya lihat 2 bis Rosin, karoseri Rahayu Sentosa sedang menunggu pemberangkatan. Sumber Alam Proteus yang saya lihat waktu melintas dari arah Magelang ke Jombor sudah gak ada, kalo gak salah berangkat jam 14.00, Maju Lancar sudah ada yang parkir. Saya gak tertarik ambil foto Rosin berbaju RS dan MAJU LANCAR.

Eng…ing…eng. ….New Travego PUTERA REMAJA baru masuk….persis di belakang Rosin, langsung saya jepret ! RAMAYANA E3 juga gak ketinggalan saya jepret. Duduk lagi ke agen. KD Airsus masuk & parkir di antara bis2 ML. Lalu masuk lagi PUTERA REMAJA biru laut dengan Scania.

11

12

15.30:

RAMAYANA E1 baru masuk, karena telat, saya pun diburu2 oleh si kondektur untuk segera naik. Memang lapang jarak antara bangku tapi interiornya gak terlalu baik terawat, apalagi asesoris interior seperti tv…cd player terpasang di atas console dibungkus triplek, pokoknya gak sedap dipandang mata, ac cukup dingin.

Keluar terminal di belakang KD….bawa agak banter tapi mo salip KD gak bisa, cuma sempat samping2an aja di lampu merah, tapi setelah itu kebalap lagi….

16.00:

Tiba di terminal Muntilan, bertemu lagi bis2 RAMA yang lain, ada 2 bis Handoyo juga, berhenti gak sampai 30 menit, setelah penumpang naik & diabsen..bis berangkat lagi…

Sempat melintas di depan kanpus/pool PO . SANTOSO dan PO . HANDOYO, terlihat aktivitas yang cukup ramai di masing2 pool tadi.

13

16.30:

Tiba di terminal Magelang, bertemu KD, gak berhenti lama KD berangkat… E1 pun berangkat lagi…

KD udah di jauh di depan mata, cuma keliatan bokongnya aja putih plus 3 telur pecah terbang…

Di pertigaan Secang, bis ini belok kiri, selanjutnya lewat Temanggung, Parakan, Sukorejo, Wleri….

Di sini saya zzz…zzz… zzz…ZZZ. ..ZZZ…ZZZ. ..zzz…zzz. ..zzz

1

17.50:

Bangung2 ada di terminal Ambarawa, E1 berhenti sebentar tapi tidak menaikan penumpang, dari pembicaraan yang ada cuma mengambil barang titipan (paket ??).

Tidak ada aktivitas bis AKAP saat itu, kecuali RAMA E1 aja & dah mulai gelap, bis berjalan lagi…

Dalam perjalanan menuju Bawean, kondektur mebagi2kan kotak putih…berisi lemper & kue kukus…uennnaaaak tennaaaaann. ..!!! Plus aqua gelas.

18.10:

Masuk terminal Bawen, tidak menaikaan penumpang juga, tapi ada sedikit obrolan antara petugas di Bawen dengan Kondektur, sebentar aja bis berangkat lagi…dari total 26 penumpang mungkin hanya 5 – 7 bangku aja yang kosong.

Keluar dari terminal Bawen, menjelang turunan Bergas, ada 1 bis LANGSUNG JAYA, 1 bis FAJAR BIG TOP & 1 RAMAYANA, berhenti. Sopir E1 melihat sesama RAMA berhenti sopir E1 sudah mainkan lampu jauh tapi dikodekan untuk langsung saja, E1 pun tetap melaju…sampai Ungaran belum ada lawan…

18.45:

Menjelang melintasi sub terminal Banymanik, ada 1 bis ROSIN berbaju AP baru saja keluar…di lampu merah perum Banyumanik (PIzza Hut) ada 1 lagi bis ROSIN berbaju RS & 1 RAMA.

Menjelang lampu merah ( Ada ) mall, tiba2 GMS berbaju New Armada Selempang menyalip dari kiri langsung belok kanan masuk tol. 2 bis ROSIN yang sudah ancang menjelang nyala hijau langsung menyusul dari jalur kanan…melesat semua diikutin E1.

18.48:

Ambil tiket tol, ROSIN dan GMS melesat lagi…E1 juga ikut tapi dibelakangin GMS terus…ini sopir sebenarnya niat mo nyalip gak sih ? Padahal GMS sudah ke kiri & jalur kanan kosong, tapi tidak ada tanda2 pijakan gas yang dalam dari E1 ??? Sejauh mata memandang… ROSIN sudah tidak terlihat !!

18.58: Bayar tol…ROSIN dah gak ada

19.00: Belok kiri masuk track Pantura, GMS lolos lampu merah Suharti…

19.02:

Melewati agen2 di Siliwangi, ada NEW ISMO, ROSIN yang bajunya RS tadi, SARI MUSTIKA Proteus (bagus juga nih bis) lagi berhenti…kira2 lewatin lampu merah lagi disalip lagi dari kiri sama SM !!! Ikutin terus si SM Proteus kehadang LANGSUNG JAYA. di depannya…jadi ngeblong ber3 nih…

Gapura Selamat Datang di Kota Kendal….LJ ambil jalan kiri bawah masuk ke Kaliwungu, RAMA E1 ikutin SM lewat arteri…ketemu lampu merah posisi udah samping2an sama SM, tapi begitu hijau…..teng. …ketinggalan tuh MB 1518 RAMAYANA, payaaaaaahhh. .!!!!

Pecahan jalan Patebon (depan bengkel) ambil jalan kanan…tersendat, posisi SM ada di depan 3 truk, kok jadi makin jauh ya ??? Truk2 bisa disalpi & persis di belakang SM lagi, ada Proteus lain dengan mesin MB….bisnya PERSADA….sebelum pom bensin salip MERTA SARI & COYO. Jadi yang ngeblong sekarang 2 MB dengan baju AP dan Proteus versus Hino berbaju Proteus.

Lampu merah lagi…SM ambil jalan kiri ke Weleri kota, RAMA E1 buntutin PERSADA ke kanan lewat jalan arteri….ketemu lampu merah jalan protokol lagi, PERSADA lolos, sepiiiii…. ..tapi muncul GARUDA MAS bumel berbaju RS CELCIUS, kayaknya sih Hino. Apa karena mo masuk rumah makan atau karena memang kalah tenaga, sebelum belok kanan ke rumah makan, GM sempat menyalip RAMA E1 lagi…kasihaaaaan. ..!!!

19.50:

Istirahat di rumah makan Gerbang Elok. Menurut saya, menu makan di rm ini berbeda & gak asal2an dibanding rumah makan di Pantura Jabar. Berasnya pulen & putih, sayurnya berasa, dagingnya empuk, pokoknya beda deh…!!! Menurut saya menu untuk rumah makan bis AKAP ini termasuk yang enak selain rumah makan milik ROSIN dan SUMBER ALAM (yang di desa Andong & Ajibarang).

20.30:

Berangkat lagi…ternyata PO ini cuma diawaki 1 sopir aja, gak tau kalo yang ke Palembang .

Ketemu putaran belok ke kanan..ada 1 PAHALA KENCANA ambil jalan lurus…di depan ada SELAMET (IKHA PUTRA)…di tanjakan alas roban ambil jalan kanan…berhasil salip SELAMET…di depan ada TUNGGAL DARA bajunya RS Evo..dah siap ambil ancang2 mo salip…ada TD lagi di depan pakai baju RI Skania…urung nyalip, balik lagi ke posisi awal di belakang TD RS Evo. Alih2 mo coba salip TD lagi malah berhenti di kiri soale ada 1 bis RAMA berhenti.

5 menit….10 menit…lama juga ya…kalo saya catat bis saya udah disalip (sesuai urutan)…YUDHA EKSPRES (pariwisata) …GUNUNG MULIA…OBL. ..ROSIN.. .OBL (pariwisata) …ROSIN lagi…NUSANTARA. ..ROSIN (bumel)…SUMBA PUTRA…OBL (pariwisata) …NEW GIRI INDAH…MERTA SARI…BOGOR INDAH (bumel)…RHEIMA ABADI…GAJAH MUNGKUR…SINDORO SATRIA MAS…RAYA.. .MULYO INDAH….GAJAH MUNGKUR lagi…RAYA lagi…LANGSUNG JAYA…PAHALA KENCANA…BANDREKS. ..KD (Klaten)…BEJEU. ..ROSIN lagi…PK lagi…SANTOSO. …terakhir KASIHAAAAAANNN bis gue !!!!

21.05: Jalan lagi…

21.20: salip PK

21.24: disalip NUSANTARA HS-136, K-1529-BB, tega juga nih NS !!

21.25: salip RHEIMA ABADI

21.27: salip PK lagi

21.33: salip BANDREKS

21.35: lampu merah, posisi persis di belakang NS HS-136

21.40: masuk kota Pekalongan, lewatin ruko2 tempat agen OBL, ada Neoplan berhenti, apa ini ya Neoplan yang nge-line Jakarta – Solo ??

21.48:

Kehadang kereta api lewat, posisi di depan saat itu…ada GMS bumel…GAJAH MUNGKUR BIG TOP…SANTOSO. ..ehh…tau2 BANDREKS udah mo nyalip aja dari kananpas pintu kereta dibuka…!!!

21.51: lewatin MERTA SARI lagi berhenti

karena dah disalip banyak bis gara2 berhenti tadi…jadi zzz..zzz…ZZZ. ..ZZZ…ZZZ. ..zzz…zzz

17 Agustus 2008

01.00:

berhenti sebentar di sekitar Indramayu yang jalan 1 arah, ada bis RAMA lain yang berhenti kayaknya…tidurrrr rr lagi…

01.45: cek penumpang di rumah makan Markoni, tidurrrr lagi….

04.00: bangun….turunin penumpang di agen Cikarang

Berangkat lagi masuk tol Cikunir. Mulai dari Cikunir sampai keluar tol Simatupang.. .situasi yang cukup mengkhawatirkan terjari, sopirnya ngantuk !!! Nyetirnya pun miring2 kiri/kanan gak jelas menghindari apa…bunyiin klakson pun gak jelas apa yang mo dikasih tau lha wong gak ada apa2 kok….untung kondekturnya inisiatif ngajak ngobrol si sopir, ketawa2 & tawarin ngerokok…. jalan pun diperlambat. …asal selamatlah.. ..!!!

04.50: keluar tol Simatupang pintu Pondok Indah, saya pun turun…

Secara keseluruhan, pelayanan lumayan baik, servis makan khusus dari TImur (Jogja) menurut saya terbaik dibanding RM. SARI RASA sekelas HARJAY atau NUSANTARA atau ROSIN, cuma armada aja kurang greget !

Udah beberapa kali berhenti aja sampai Lebak Bulus masih jam 5 pagi, apalagi kalo gak berhenti ya ? Mungkin lebih pagi lagi, cocok buat yang kejar waktu kerja kalo tiba Senin. Gak ada yang bikin saya kapok naik PO ini.

Rampung sudah touring saya kesempatan ini…next week (22/23/24 Agustus 2008)…insya ALLAH, estafet ke Denpasar.

Seperti biasa, foto2 langkapnya bisa dilihat di FS: opie_valdez@ yahoo.com

Rian,
BMC


Catatan Perjalanan yang lainnya:



febri handoko
Ditulis oleh

'lampung - jogja via utara'

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;