Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Saya coba sharing situasi terkini terminal Harjamukti dan peta persaingan PO-PO di tanah CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan), tapi mungkin teman-teman BMC yg tahu persis mengenai dunia per-bisan di Cirebon bisa menambahkan atau melengkapi.

1. Cirebon-Jakarta-Merak

Masih didominasi Sahabat dan Bhinneka. Sahabat menggebrak dgn Legacy RK8-nya sedangkan Bhinneka adem ayem tidak menambah amunisi untuk koridor tsb. Selain kedua PO tersebut juga ada Setia Negara dengan pasukan oranyenya dan beberapa armada baru dengan livery biru ATB, dan PO Asli Prima. Selain bis pemberangkatan Harjamukti di atas, terminal Harjamukti juga diramaikan dengan bis-bis lintasan asal Pekalongan – Tegal seperti Menara Jaya, Kurnia, bahkan Kramat Djati juga ikut2an mengais rejeki masuk terminal Cirebon. Bis-bis asal Jawa Timur seperti Reza (eks Mandala) sudah tidak eksis lagi, mungkin hanya Dahlia sesekali masuk terminal Cirebon.

2. Kuningan-Jakarta

Didominasi Luragung Groups, Sahabat masih diperhitungkan karena mendelegasikan armada2 terbaiknya untuk koridor ini. Selain itu Setia Negara dan Asli Prima melengkapi persaingan Kuningan-Jakarta.

3. Jurusan Bandung

Dominasi Patas masih dipegang Bhinneka dengan amunisi barunya Nucleus3 RK8, disusul Sahabat. Untuk bis bumel Sahabat, Sami Jaya, dan bis-bis asal Bandung bersaing ketat. Ada hal unik di koridor ini, pengamatan saya setiap hari     (kebetulan kantor saya di Jl. Raya Cirebon-Bandung) sharing okupansi penumpang masih dipegang bumel GOODWILL. Di hari biasa pun penumpang tidak jarang berdiri, padahal bis-bis lain nyaris tanpa penumpang. Imej sebagai bis bumel cepat via Tol (tidak masuk Cirebon) menjadi alasannya.

4. Kuningan-Bandung

Saya salut dengan manajemen DAMRI Bandung yang di saat DAMRI daerah lain habis-habisan tidak bisa bersaing dengan PO swasta, DAMRI Bandung justru sanggup mendatangkan pasukan MB 1518 XBC untuk melayani koridor ini, hebat!!

5. Cirebon-Semarang

Sharing okupansi penumpang dipegang Nusantara, tapi sayang mungkin karena rasa kemanusiaan eh ke-bis-an jumlah armadanya tidak ditambah tambah, jam pemberangkatan masih didominasi pemain lama COYO.

6. Cirebon-Jatim

PO. Harapan Kita masih mendominasi dengan memberangkatkan 2 armada bahkan 3 armada saat weekend, Sari Indah akhir-akhir ini sudah jarang kelihatan. EZRI masih mencoba bertahan, apalagi dgn pendatang baru Handoyo serta Sandy Putra yg maaf sampai detik ini saya belum beruntung meliat penampakannya di Cirebon.

7. Cirebon-Ciledug

Masih dilayani PO Mekar, baik bis besar maupun bis 3/4nya.

8. PO Bijaksana Cikijing

Sudah tidak ada lagi, sekarang Cikijing-Bandung dilayani bis 3/4, entah itu pemilik Bijaksana yg dulu atau pemain baru saya kurang tau. Sekarang PO yang tertatih-tatih mencoba bangkit adalah DWI KARYA dgn melayani rute Cirebon-Sukabumi dengan mengandalkan bis-bis lamanya.

Mungkin temen-teman mau menambahkan atau mengkoreksi kalo ada yg kurang tepat. Maklum saya sendiri jarang masuk terminal Cirebon. hehehe

Salam,

Firdaus

Tasik-Cirebon-Jogja

disadur dari milis : BisMania@yahoogroups.com

~tr~

illustrasi

Catatan Perjalanan yang lainnya:



Ditulis oleh

''

1 Comment

  1. Maulan Winandhi
    mwinandhi /

    Sekedar tambahan buat rekan-rekan yang baru pertama kali turun di terminal Harjamukti Cirebon mohon kalau mau mencari bis jangan di dalam area terminal (lebih baik menjauh / diluar area terminal) karena banyak sekali calo yang sampai sekarang sulit diberantas dan tidak tanggung-tanggung kalau narik ongkos bisa 4 kali lipat dari tarif normal serta bisa 1 penumpang 4 calo yang naik……lebih baik hub agen resmi PO-PO yang ada di Cirebon atau di Area Belakang Terminal

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;