Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

Kiper Pon : Kisah Perjalanan Ponirin Edisi : Estafet Jogja-Jakarta via Purwokerto-Tasik feat Mr.Harry Intercooler     Kembali ke Jakarta ,mencoba sesuatu yang lain.

Kalo naik Sumber Alam edisi pagi,ntar kemaleman lagi,kalo naik Fajar Utama la wong kemarin udah naik,jadi sekarang pengennya estafet.

Rute yang dipilih Jogja-Tasik- Jakarta bisa lewat Purwokerto bisa langsung,tergantung sikontolpanjang (=situasi kondisi toleransi pandangan jangkauan).Kebetula n,gara-gara nulis status di FB,jadi kehubung dengan mas Hary Intercooler Budi Wijaya,dia ini mau turing separuh P.Jawa.Awalnya kami mau janjian ketemu di Purwokerto karena mas Hary ngebet njajal Volvo Nusantara Semarang-Purwokerto ,tapi karena agen Nu3tara ditelpon gak ada jawaban,dia mengalihkan untuk kolaborasi turing denganku.Singkat cerita,aku akan berangkat dari Giwangan setelah sahur sekitar jam 4.00,mau naik bis apa juga gak jelas,seadanya aja,karena aku juga gak hapal jadwalnya.Mas Hary Intercooler pun  setuju,dia start dari Bungur naik MIRA,nopolnya aku lupa hehe..

Jam 4.00 mas Hary sms udah sampe Prambanan,sementara aku pesen taksi motor buat ke Giwangan,tapi dijawab armada baru keluar semua,wah gimana nih,katanya 24 jam.Namanya aja taksi,tapi aslinya ojek berseragam dan online hehehe…akhirnya terpaksa ngerepotin ibunda,dianter ke Giwangan..

Jam 4.30 sampailah di Giwangan,dan menuju blok C tempat mas Hary menunggu sambil ngopi.Karena dia sudah pernah mempublikasikan wajahnya di FB maupun di milis,aku gak susah menemukannya, ternyata lebih pantas disebut Intalan Intercooler hahahaha…

Tumben,kali ini dia gak bawa mahasiswi KKT,katanya lagi gak dapat ijin trayek dari mamanya..oh yowes ga mama..Selesai ngopi dan ke toilet,kami berdua bergegas ke area pemberangkatan AKAP..

Pagi itu,untuk jurusan Purwokerto tersedia Baker (bumel) dan Efisiensi (patas),kami pilih bumel karena Efisiensi jam 6 baru berangkat.

Baker_2

Jam 5.15 Baker no bodi 33 Panorama DX feat Hino AK meninggalkan Giwangan,nyantai aja,sampe di perempatan Giwangan ngetem la,lanjut terus memunguti penumpang tujuan barat.

panoramaDX

33

“..ngulon..ngulon. .”begitu kata si kernet,artinya bis ini ke tujuan barat,Pw.Rejo- Kebumen-Gombong dan terakhir Purwokerto.Untuk tariff Jogja-Purwokerto cukup 30rebu/gundul

Bis melaju biasa saja,jangan bandingkan dengan MIRA atau SK atau Santoso yang aku naikin Jumat malam kemaren,mungkin dikarenakan  jarak pemberangkatan bus agak lama.

6.45 Baker masuk terminal Purworejo,mas Hary kebelet pipis,pas udah turun dia bilang gak jadi..

“mboten sido pak,lha sampeyan dioyak Santoso”katanya (=gak jadi pak,Anda dikejar Santoso) sambil naik bus lagi setelah tau bahwa sopir Baker ini buru-buru karena ketutul Santoso dari arah Magelang tujuan Purwokerto.. lanjut..

Kami mengira,setelah ini bakal joss,tapi ternyata cuma dalam rangka perebutan tempat ngetem di prapatan samping garasi Sumber Alam..weleh. .weleh..

Mas Hary pun turun nggeblas nyari toilet,setelah sempat ngampet….kelar dari toilet dia lari-lari dan buruan naik bus lagi karena melihat Santoso mendekat,dikiranya Baker mau buru-buru jalan,ternyata Baker membiarkan Santoso lewat duluan hahaha..

Perjalanan berikutnya cuma jalan santai,anehnya Baker juga belum diselip Efisiensi Patas.

Gak ada aksi blong-blongan membuat kami bosan,mendingan ngobrol ngalor ngidul,dari awalnya tau BMC sampe tentang  bakso Jombang kesukaan mas Hary hahaha..

Terminal Kebumen,setor muka aja,gak ngetem..Di Gombong ngetem sebentar..sampai dekat persimpangan KA Sumpyuh,ada antrian panjang karena perbaikan rel,terlihat di depan ada Prayogo bumel tujuan Purwokerto yang terjebak antrian,tapi Baker enggan nempel dalam antrian.

Lepas dari Sumpyuh,mungkin karena banyak menit terbuang,Baker langsung mendadak kencang..hal ini terus berlanjut setelah Buntu arah Banyumas mendaki bukit Kemranjen,mendadak Baker menjadi Sumber Kencono wanna be..goyang kanan goyang kiri..

“lah nak ngene rak ket mau wes tekan Purwokerto..”kata mas Hary..(=kalo gini dari tadi udah nyampe Purwokerto)

9.44 nyebrangin kali Serayu

Serayu

9.53 Baker masuk Sokaraja

Sokaraja

9.57 masuk gerbang kota Purwokerto

purwokerto

monumen+Jenderal+Gatot+Subroto

Dan akhirnya,

10.05 Baker masuk terminal Purwokerto.

Mas Hary pengen mandi dulu,tapi gak tega katanya airnya kotor hehe….

“mau kemana mas?”sapa seorang calo

“mau nunggu temen janjian ke Baturaden”jawab mas Hary sekenanya…

Datang lagi seorang calo,

“mau kemana mas?”tanyanya

“mau ke Tasik”jawabku

“naik Harum,ayo 5 menit lagi berangkat”katanya sambil nunjukin Harum bumel.

“ntar dulu Pak,tak mangan sit”kataku..karena ini bulan puasa,kami cari warung yang tidak mencolok.Kelar makan,Harum udah berangkat.Kami berjalan mencari Volvo Nusantara,ternyata bis yang kami cari engga ada.Usut diusut,ternyata Mas Hary penasaran juga dengan RM Gayatri Wonosobo hehehe…

terminal+purwokerto

So,mas Hary memutuskan kembali ke Jogja naik Efisiensi,sedangkan aku berlanjut ke Jakarta via Tasik naik Aladin bim salabim similikithi abracadabra…see you again Bro..

Aladin ini pantas disebut gubug reyot atau pagupon kandang burung dara,sebetulnya ada pilihan lain siang itu tujuan Jakarta,seperti Sinar Jaya,DAMRI,Dedy Jaya,tapi aku gak mau lewat pantura,keukeuh mau lewat Tasikmalaya…

Aladin

interior+Aladin

sambil menunggu Aladin berangkat,di jok paling belakang aku menerawang,seandain ya saja dulu dia jadi milikku,mungkin aku udah tinggal di kota sejuk ini..swuiiiinnngggg g…..desisan peluit dari slang pembuangan angin Mercedes membuyarkan lamunku..

terminal_2

10.37 Segera Aladin MB OF lawas berangkat meninggalkan kota penuh kenangan,menyusuri pinggiran Purwokerto dan tepian Kali Serayu dan Bendung Gerak Serayu yang indah.

Bisa dibilang Aladin juga kurang greget,tapi mendingan daripada start-nya Baker tadi pagi.

pinggir+Serayu

Bendung+Gerak+Serayu

papan+rute

Sampai terminal Wangon,ngetem sebentar,lanjut lagi arah Tasik dengan jalan berkelok-kelok, pinggiran bukit dan jalan tidak mulus.

Setelah bayar tiket 30 rebu untuk rute Purwokerto-Tasik, sempat tanya sampe Tasik jam berapa,dijawab kondektur sampe sana jam 15.30

13.50 masuk perbatasan Jateng-Jabar

14.04 masuk Banjar Patroman

Sejak dari Banjar banyak kres dengan Budiman,Gapuraning Rahayu,Sinar Jaya

14.40 masuk Ciamis

15.04 masuk Tasikmalaya, lebih cepat dari kata si kondektur.

Terminal Tasik,tipe A,tempatnya luas tapi bisnya dikit hehe..kelar cucimuka,mencari Budiman tujuan Grogol/Kalideres, daripada kelamaan nunggu mendingan tanya mandornya,katanya Budiman Kalideres berangkat jam 19,walah daripada kemaleman sampe Jakarta mendingan naik jurusan Lebak Bulus/Kampung Rambutan yang ready stock,tapi karena pengen naik Budiman,akhirnya mengarahkan ke jurusan Kampung Rambutan.

papan+tujuan

“ke Rambutan berapa mas?”tanyaku

“biasa mas,50 rebu”kata si kondektur

“ntar ada istirahatnya gak?”tanyaku

“ada mas,nanti pas maghrib”katanya..

Oke deh,aku bergegas,di 4 seat terdepan udah ditempati,ya udah pilih tengah aja.

15.45 start dari terminal Tasik,Budiman meski hanya berbekal MB 1521 executive seat 2-2 toilet tipi Panorama 3,namun terasa sangat nyaman dibandingkan 2 bis sebelumnya hehehe..

gerbang+terminal+tasik

16.32 jalanan tersendat gara-gara ada truk pasir merambat tanjakan khas Priangan yang berkelok-kelok

kres

full+tikungan

Tak banyak lawan di rute ini,hanya truk tronton yang sering mengganjal laju Budiman.

Sampai dekat pertigaan arah Garut,Budiman sukses melibas Primajasa Evolution Garut-Jakarta.

17.40 istirahat di RM Baru Jaya,lokasinya setelah Nagrek, untuk memberi kesempatan bagi yang mau berbuka puasa,meski hanya rumah makan kecil namun seluruh Budiman berhenti di situ,ada sekitar 8 Budiman yang istirahat di situ.

Budiman+Batara

18.25 Budiman meninggalkan RM Baru Jaya,sekilas baru datang Budiman Evolution 1525 Tasik-Jakarta baru masuk RM,meski agak nyesel tapi mendingan lah naik Panorama3 daripada kemaleman sampe Jakarta.

18.40 berhenti sebentar untuk kontrol penumpang sebelum masuk tol Cileunyi

18.47 masuk tol Cileunyi,wusss…larinya kenceng juga nih,sesekali didiringi suara ces..ces khas MB..karena sudah sangat capek aku tertidur

Bangun-bangun sudah di Cikarang

20.35 masuk tol Cikunir

Dan finis di Kampung Rambutan jam 20.54…

Lanjut menuju Slipi dengan P6 MB OF baut 8 gubug reyot/pagupon kandang burung dara,sebelum masuk tol terjadi rebutan penumpang ddengan sesame P6 hanya lawannya ini Hino AK berbaju EvoC..aksi kejar-kaejaran pun dimulai,lepas dari gerbang tol MB OF lari duluan,tentunya bukan hal yang sulit bagi P6 EvoC buat melibas wuusss…langsung jauh tuh P6 EvoC..driver P6 MB OF masih ngeyel juga,biar mbejek gas sampe pol tetep ga terkejar tuh P6 EvoC secara teknologi beda 20 tahun bro..hahaha. .

Udah jelas kalah masih juga ngeyel sopir ini,di Cawang,sepertinya P6 EvoC sengaja menunggu MB OF lagi,dibiarkan MB OF yang aku naikin melaju duluan,dan sekali lagi Hino AK itu melibas bis yang aku tumpangi..sampe akhirnya driver sadar,P6 EvoC  bukan lawan sepadan,dibiarkanny a masuk Gerbang Tol Tebet,sementara MB OF nyerah dengan menyusuri jalan luar tol..hehehe kapok lu…

Sekian

Salam maniez,

Hendi ponirin similikithi

BMCYk0001-085628596 32

Bumel-Patas- Executive- Super Executive-AC- Non AC ayo ajah


Catatan Perjalanan yang lainnya:



hendi_Yk01
Ditulis oleh

'turingmania,trayekmania,sleep on bus mania'

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;