Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

BUS banyak menjadi moda pilihan yang banyak dicari masyarakat untuk bepergian ke luar kota. Selain sifatnya yang fleksibel karena banyak pilihan jam keberangkatan untul rute tertentu, bepergian dengan bus juga bisa disesuaikan dengan isi kantong karena banyak kelas bus yang ditawarkan ke konsumen. Pada rute tertentu yang ramai penumpang kelas tiket dan kelas servis bahkan sangat beragam, mulai dari kelas ekonomi non AC, ekonomi AC sampai kelas eksekutif dan super eksekutif yang menjanjikan kenyamanan selama di perjalanan lengkap dengan layanan kursi yang lega, selimut hangat, snack, makanan berat dan toilet selama di perjalanan.

Namun, tidak banyak masyarakat yang tahu apa dan bagaimana sebaiknya memilih bus yang aman dan nyaman sebagai mitra bepergian. Karena, di dunia bisnis transportasi darat seperti angkutan bus, ada saja perusahaan atau operator bus yang nakal. Mereka seenaknya menetapkan tarif melebihi batas ketentuan Pemerintah sampai menelantarkan penumpang tidak sampai kota tujuan seperti dijanjikan ketika si penumpang naik di kota atau terminal pemnberangkatan.

Berikut tips mudah bepergian dengan bus.

- Jika Anda awam dan baru pertama kali naik bus, terutama untuk bepergian jarak jauh keluar kota, tanyakan ke teman dekat atau kerabat tentang bus dari perusahaan otobus apa yang paling bagus layanannya dan memiliki rute tujuan yang Anda ingini. Pastikan bus tersebut dari PO yang terkenal memiliki reputasi bagus dalam layanan dan jadi buah bibir masyarakat.

- Pilihlah bus malam yang punya tujuan langsung di kota yang Anda tuju. Hindari naik bus yang tidak ke kota tujuan langsung. Ini demi mencegah kemungkinan Anda tersesat di kota transit yang dilintasi, dipermainkan oleh awak bus dan sebagainya.

- Biasakan sudah mengantongi tiket di tangan. Ini penting, terutama jika Anda bepergian di libur akhir pekan, libur tanggal merah dan Lebaran. Jika tidak, Anda bisa kehabisan tiket.
Tiket bisa Anda beli melalui agen atau dfatang ke loket resmi di terminal sebelum hari H keberangkatan Anda. Jika sudah kenal dengan pengurus perusahaan otobus tersebut, bisa juga Anda cukup meneleponnya, memesan tiket berikut nomor bangku yang dipilih dengan pembayaran beberapa jam sebelum keberangkatan.

- Jika Anda menyukai bangku favorit, misalnya di bangku deret paling depan atau belakang atau tengah, tips memesan atau membeli tiket lebih awal bisa menjadi solusi untuk mewujudkan keinginan tersebut.

- Beda bus beda kualitas pelayanan. Untuk Anda yang komuter,  terbiasa kerap bepergian untuk rentang waktu yang pendek, tak ada salahnya untuk mencoba bus dari PO lain yang memiliki rute trayek yang sama sebagai pilihan bepergian. Pada titik tertentu, Anda akan bisa menemukan mana PO yang memiliki pelayanan terbaik dan bisa membuat Anda sebagai konsumen loyalnya.

- Soal loyalitas, beberapa PO memberikan insentif semacam frequent flyer discount kepada semua penumpang yang loyal menggunakan jasanya. Biasanya untuk 10 sampai 15 tiket untuk rute tujuan dan kelas yang sama dari PO tersebut bisa ditukar dengan satu tiket baru untuk kelas dan tujuan yang sama.
Pada PO tertentu di kelas ekonomi non AC dari Jawa Timur yang melayani trayek antarkota dalam provinsi dan antarprovinsi menyediakan juga tiket berlanggagan. Manfaatnya, penumpang bisa mendapatkan diskon tarif tiket yang nilainya cukup lumayan.

- Hati-hati selama di perjalanan. Pada beberapa bus malam tertentu sesekali muncul kabar adanya pencuri yang menyaru sebagai penumpang. Baik penumpang gelap yang mencegat dan naik bus ini di jalan atau penumpang bertiket resmi. Selalu simpan barang berharga Anda seperti dompet, surat-surat penting di saku baju lalu tutupi dengan jaket, atau simpan di saku dalam jaket dan tutup dengan resliting. Untuk piranti elektronik seperti camcorder dan laptop tak ada salahnya dititipkan kepada kru atau simpan di bagasi dengan nomor bagasi Anda dan dicatat serta diketahui oleh kru bus.
- Jika Anda naik bus malam berfasilitas pendingin udara (AC), siapkan baju sedikit tebal atau lebih baik lagi jaket. Meski rata-rata pada bus malam yang servisnya bagus, terutama klas eksekutif dan VIP juga menyediakan selimut untuk penumpang, hembusan udara dingin cukup menggigil dan menusuk tulang.

- Hindari menerima pemberian baik makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal sebelum dan selama perjalanan untuk menjaga kemungkinan pembiusan yang akan menguras barang berharga milik Anda.

- Selalu berdoa sebelum berangkat agar selamat di perjalanan. (fin)

Chirul Arifin

duniabus.multiply.com/journal


Catatan Perjalanan yang lainnya:



PAIDI
Ditulis oleh

''

4 Comments

  1. Bimasakti
    bimasakti /

    luar bias.trims ya boss…

  2. kodir /

    sangat bermanfaat mas

  3. fre'dy
    mz_fredz /

    Nice….
    Tips yg bagus, pa lg bbrp minggu lg dah mo pd mudik..

  4. darmo_gandul
    darmo_gandul /

    Take Pray before do it…

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;