Maaf, saat ini website sedang dalam PERAWATAN (MAINTENANCE)

Tahap 1: Pemindahan Data [sedang berjalan]

Tahap 2: Penggantian Tampilan

Tahap 3: Penambahan Fungsi

Tahap 4: Pengaturan Member

eka

eka

Materi tentang ini pernah saya singgung dalam postingan beberapa waktu lalu, tetapi tidak terlalu lengkap.

Karena sekarang makin banyak member baru (muda-muda), tidak ada salahnya saya akan share lagi sebagai catatan sejarah.

PO Eka / Mira sejarahnya berawal dari PO Flores yg mulai beroperasi di sekitar tahun 70 an (tahun pastinya saya agak lupa)

PO ini seangkatan dengan PO Surya Jaya, Rukun Makmur, Agung Express dll.

Pada saat awal operasi PO Flores, chassis bis di Jatim didominasi oleh MB LP 911 dan Mitsubishi T653 (kedua-duanya ber-overhang depan pendek karena berbasis chassis truk). Flores lebih memilih Mits ketimbang MB.

Era MB 911 dan Mits T653 ini adalah era pengganti bis ber-overhang depan panjang seperti Ford type D, Hino BT dan Leyland yg banyak digemari di akhir tahun 60 an- awal tahun 70 an.

Secara dratis Flores mengalami perkembangan. Trayek andalannya adalah Surabaya – Solo (mayoritas) dan sebagian kecil Surabaya – Ponorogo.

PO Flores memiliki ciri warna hijau waktu itu. PO memiliki image di maysarakat sebagai bis banter dan cenderung ugal-ugalan.

Beberapa kecelakaan fatal pernah dialami PO ini namun tidak mempengaruhi perilaku rata-rata sopir Flores yg tetap suka ngeblong dan membuat kendaraan yg disalip atau yg dari arah berlawanan jadi jantungan.

Sungguhpun begitu sebenarnya PO Flores tidak semuanya ngeblong karena sampai menjelang tahun 80 an Flores masih tua berchassis Ford serie D. Selain itu ada juga yg berchassis Hino BX EH 100 yg agak lemot.

Ketika Hino mengeluarkan BX serie EH 700 Flores sempat mengoperasikan bis bumel yg mewah. Kalo tidak salah ada 4 unit. Bis ini bumel tapi seat 2 – 2 dan jalannya nge-joss.Pada saat itu Mitsubishi juga sudah mulai mengeluarkan type baru penyempurnaan type T653 yaitu Mitsubishi FM.

Yang unik, Hino ganti mengeluarkan bis overhang pendek (sekarang ini seukuran OF 8000). Type itu sekarang mungkin yg dikembangkan jadi type Hino FB. Flores-pun punya banyak sekali armada jenis ini.

Memasuki tahun 80 an Mitsubishi dengan cemerlang mengeluarkan chassis pertamanya yg ber-overhang depan panjang yaitu Mits BM. Flores pun meremajakan armadanya dengan bis type ini disamping tetap menambah dengan Hino BX dan beberapa MB OF.

Di saat mulai memakai Mits BM inilah tragedi besar terjadi. Kecelakaan bis Flores tertabrak kereta api membuat Flores berhenti operasi.

Waktu itu Flores Mits BM berbody Morodadi (Tan A King) yg dikemudikan oleh Marwan yg sedang membawa rombongan anak sekolah SMP dari Jombang tertabrak kereta api di daerah Solo.

Masyarakat marah dan memprotes keras kepada PO Flores dengan cara mencegat dan merusak PO Flores, sehingga akhirnya PO in terpaksa harus menyetop operasi.

Beberapa bulan kemudian Flores muncul dengan nama baru. Yaitu Eka untuk armada yang berchassis Mits, Mira untuk armada yg berchassis Hino dan Victory untuk yg berchassis MB.

Akhirnya, Victory tidak jadi dipakai dan berganti dengan Ita untuk melayani trayek surabaya – ponorogo. Sementara Eka dan Mira untuk Surabaya – Solo.

Sejak itu warna Hijau ditinggalkan dan berganti jadi putih krem dan cokat. Sudangkan untuk Mira ditambah garis biru tua.

Memasuki era 85 an pembagian Eka dan Mira berdasarkan chassis sudah tidak diberlakukan lagi. Sebagian armada Mira Hino lama diganti Mitsubishi BM dan bahkan PO ini meluncurkan gebrakan dengan munculnya bis ATB pertama dengan nama Surya Agung berchassis Mits BM ber AC gantung untuk jurusan Surabaya – Ponorogo. Beberapa tahun kemudian disusul dengan armada Hino RK kompor ATB dan Nissan CB berbendera Eka untuk Surabaya – Solo – Yogya disusul juga Mira berbasis Hino AK untuk surabaya Solo.

Memang setelah sukses kembali dengan nama-nama baru, Eka dan Mira sempat jatuh ke pelukan Nissan tepat pada saat bossnya memutuskan untuk menjadi dealer Nissan untuk daerah Mojokerto dan sekitarnya. Ketika itu Eka sedang mengawali merinstis Patas Surabaya – Yogya dengan Hino AK AC gantung body New Armada bersaing dengan Patas Hino AK New Armadanya Sumber Kencono. Alhasil Ekapun secara bertahap mengganti armada Patas Hinonya dengan Nissan RB dan armada bumelnya dengan Nissan CB.
Sumber Kencono tidal mau ketinggalan dengan Mits RM nya.

Tapi tampaknya persaingan kelas Patas dimenangkan oleh Eka hingga akhirnya SK mundur teratur dari kelas ini dan tinggal fokus ke bumel.

Cukup lama Eka / Mira bermesraan dengan Nissan hingga entah mengapa akhirnya belakangan ini berpaling lagi ke Hino.

Sekarang ini Mira hanya dikonsentrasikan ke bumel sedangkan Eka dikonsentrasikan ke Patas, adapun Ita yg untuk trayek pendek sudah tidak dioperasikan lagi.

Perjalan panjang Flores yg ber-metamorfosa ke Eka / Mira patut diacungi jempol. Sebuah upaya mempertahankan bisnis yg penuh dinamika dan tantangan.

Hasilnya Eka dan Mira tetap menjadi PO yg bisa dibanggakan masyarakat Jatim

Sekian dan Salam.
[Didik Sasono Setyadi]
[Foto dari koleksi Pak Prast]


Catatan Perjalanan yang lainnya:



Suplentonk Jaya
Ditulis oleh

'Nenek moyangku bangsa pelaut, tapi aku pecinta bis dan aku tidak bisa berenang, tetapi aku hobi nongkrong di kolam renang.'

24 Comments

  1. RUDY
    rudy /

    Salut…. ditunggu sejarah PO-PO yang lainnya. Lebih bagus lagi jika menampilkan PO Flores-nya atau Eka/Mira yang jadul-jadul ( seperti pic di sejarah PO Sargede…..).
    Kalau tdk salah kejadian Flores di Solo menjadi berita besar saat itu… mungkin ada dokumen gambar-gambarnya ? ( dulu berita kejadian flores di Solo di surat kabar SUARA MERDEKA pernah sy gunting, tp sayang hilang..)

  2. Herry Momogi
    herry-momogi /

    wahh..
    hebat…
    mantap gan…

  3. wahyugss
    wahyugss /

    mantaff infonya om didik,
    semakin menambah wawasan perbisan saya

  4. wandi /

    jadi tau …
    siip…makasih infonya

  5. Suplentonk Jaya
    plentonk /

    ayo kawan2 yang mau mengisi tulisan .. silahkan disiapin ya ..

  6. fathur-rozaq /

    mas, kalo mo uplod foto2nya gimana caranya.
    Isih bingung aku. Kesuwun

  7. catur yudianto
    catur-yudianto /

    iyo ki mas plentong…aku mau upload poto2 juga masih bingung…
    sama kaya mas fathur kali yaa…hehehe
    mohon pencerahanya….thanks

  8. catur yudianto
    catur-yudianto /

    wuiiihhh…mantap juga si EKA ini ternyata, punya kisah yang sangat hebat euyyy…
    salut bagi penggemar EKA, saya kalo ke sby dari solo juga sering nungguin Bis EKA Patas ini…nyaman sih dapat makan pula..hehehe…

  9. Denny Wijaya
    wijayadny /

    manteb mas Didik, sampean berbakat jadi guru sejarah per-bis-an nasional he..he..
    oia, sekarang EKA juga pake mesih hyundai ya mas?
    medio 2007-2008, mbak EKA ini setia menemani perjalanan tiap jumat sore sby- ngawi & senin dini hari ngawi-sby^_^ kangen euy…

  10. fajribilla
    fajribilla /

    Ini lah salah satu kebanggan kutho ku..

  11. catur yudianto
    catur-yudianto /

    emang EKA selingkuh sama Hyundai????
    wah…kenapa ga sekalian Scania aja, biar lebih ngejosssss lagi…

  12. Ogix
    ogix /

    iyo aku ingat dulu waktu Flores abis kena musibah dan berhenti beroperasi tu ada tetangga yang naik tu bis dari solo jam 10 malem sampai Sragenjuga jam 10 malem. itu dulu….tapi sekarang EKA dah TOP, kita yang dari Jogja ndak harus ke Giwangan kalo mo ke arah Surabaya, cukup nungguin di agen Babarsari aja……

  13. darmo_gandul
    darmo_gandul /

    Numpak Eka n Mira dalah kenangan masa kecilku….

    yang pake Tentrem cihuiii…..

  14. M Faizi ~Guluk-Guluk~
    sabajarin /

    Bergabung…. EKA-Mira Surabaya Jogja… tak terlupakan.. ITA aja yang belum…. keburu parkir…

  15. bedjo
    bedjo /

    Wah mas-mase ki umure piro yo ? klo Flores aq denger tapi masih samar…. mas ada yang tau kabar Jaya Raya sama Hasti… kok ndak pernah denger ya ????

  16. bekz_hakz
    bekz_hakz /

    Infonya mantappp jaya………

  17. Taufik Achmad Rifai
    taufik-achmad-rifai /

    Luar biasa ulasannya

  18. snarnia
    trayek /

    top markontop….lebaran q mudik naek eka…kata sopir (lupa no e…) eka selingkuh sama hyundai….masih ada 5 yang belum jadi… baru jadi 1 tapi dibuat ngelen sby-jgja sekernya gak tahan…ambroooool akhirnya…. kata oom sopir sih, gimana2 tetep manteeep hino nya

  19. anton nurcahyo
    anton-nurcahyo /

    sayang si ITA ga sehebat si EKA dan si MIRA ya mas, sukses to EKA & MIRA

  20. Hendy Aristya
    hendy /

    hebat banget pejuangan EKA/MIRA…..
    jd pengen buka PO..hehe

  21. ieyoy /

    wow eka aq salut banget….cerita tentang PO flores aq pernah denger tp saat itu aq masih SD heheeh bravo EKA & MIRA

  22. Daffa Julio
    daffa-haryanto-mania /

    sukses utk eka/mira!!!

  23. giriayoga /

    mantep banget ceritanya..nambah pengetahuan :D

  24. Asmat Samsudin
    asmat-samsudin /

    Wah sebuah metamorfosa yg patut diacungkan jempol tuh.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

;